alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Daftar Kartu Prakerja Dapat Bahan Bakar dari Shell Rp 600 Ribu?

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Daftar Kartu Prakerja Dapat Bahan Bakar dari Shell Rp 600 Ribu?
Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)

Benarkah pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar sebesar Rp 600 ribu? Simak penjelasan faktanya berikut!

Suara.com - Beredar narasi yang menyebutkan pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar sebesar Rp 600 ribu. Pendaftaran Kartu Prakerja tersebut diklaim harus dilakukan melalui alamat website khusus agar bisa mendapatkan hadiah.

Narasi tersebut beredar melalui pesan jejaring WhatsApp.

Berikut isi narasinya:

"Rencana pengalaman pengisian bahan bakar

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Presiden Jokowi Lanjut 3 Periode Demi Proyek Nasional?

Kami mengundang Anda untuk merasakan pengalaman terbaik dari bahan bakar kelas dunia kami di SPBU Shell terdekat.

Selama program ini, Anda bisa mendapatkan kualifikasi pengalaman kartu gas 600.000 rupiah

Langkah untuk mendaftar Prakerja

- Kunjungi situs web di bawah ini
- Isi formulir data diri
- Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp
- Bantuan akan dikirim melalui rekening bank

harap bagikan pesan ini kepada kerabat yang membutuhkan

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Para Wanita Ini Tunjukkan Kemaluan Protes Trump?

https://hxhb.vip/j/."

Benarkah klaim tersebut?

Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)
Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Dari penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Minggu (25/10/2020), klaim yang menyebut pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar sebesar Rp 600 ribu adalah klaim yang salah.

Dikutip dari Liputan6.com, pihak PT Shell Indonesia telah membantah klaim tersebut dan menegaskan klaim tersebut adalah hoaks.

PT Shell Indonesia menegaskan tidak memiliki program pemberian kartu bahan bakar yang dikaitkan dengan program kartu Prakerja.

Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)
Daftar Kartu Prakerja dapat bantuan bahan bakar dari Shell (Turnbackhoax.id)

PT Shell Indonesia mengimbau agar masyarakat berhati-hati dengan modus penipuan penawaran pendaftaran program Kartu Prakerja dengan iming-iming pemberian kartu bahan bakar Shell dengan nominal tertentu.

Kartu Prakerja sendiri fokus pada pemberian insentif dan pelatihan terhadap masyarakat yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja namun ingin meningkatkan kapabilitas.

Program unggulan Presiden Joko Widodo tersebut telah bekerja sama dengan delapan mitra resmi yakni Tokopedia, Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Pijar Mahir, Sekolahmu, serta Sistem Informasi Ketenaga Kerjaan (Sisnaker) Kementerian Tenaga Kerja.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim yang menyebut pendaftar baru Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan bahan bakar sebesar Rp 600 ribu adalah klaim hoaks.

Klaim tersebut masuk dalam kategori fabricated content.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar