facebook

10 Ribu Orang Mau Kumpul saat Putri Rizieq Nikah, Anies Dicolek Epidemiolog

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
10 Ribu Orang Mau Kumpul saat Putri Rizieq Nikah, Anies Dicolek Epidemiolog
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab, dan Wasekjen MUI Tengku Zulkarnain pada pertemuan di kediaman Rizieq kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, (10/11/2020) malam. [Antara/HO-Instagram Tengku Zulkarnain]

"Pak @aniesbaswedan seharusnya diingatkan pada Habib Rizieq bahwa pandemi di Jakarta masih belum terkendali..."

Suara.com - Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengingatkan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab agar patuh protokol kesehatan, terutama ada agenda pernikahan anaknya nanti.

Salah satu agenda kepulangan Rizieq adalah menikahkan anaknya, Syarifah Najwa Shihab pada Sabtu (14/11/2020) di Petamburan, Jakarta Pusat. Diperkirakan tamu yang bakal menghadiri acara tersebut mencapai 10 ribu orang. 

Pandu mengatakan beberapa waktu belakangan ini banyak kasus kematian pasien Covid-19 yang bersumber dari kerumunan resepsi pernikahan.

"Pak @aniesbaswedan perlu sekali mengingatkan pak HRS, mumpung sempat bertemu. Karena akan menikahkan anaknya, harap protokol kesehatan, perilaku 3M benar-benar diterapkan. Sudah banyak kejadian klaster pernikahan yang berpotensial ada korban," kata Pandu melalui Twitternya @drpriono1 dikutip Suara.com, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: Rizieq Nikahkan Najwa Shihab Besok, Acara Bakal Dihadiri 10 Ribu Orang

Fakta pernikahan anak Rizieq Shihab. (Youtube Front tv)
Habib Rizieq Shihab dan Keluarga. (Youtube Front tv)

Selain itu, Rizieq seharusnya juga menjadi contoh yang baik kepada pengikutnya agar selalu mengutamakan kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

"Pak @aniesbaswedan seharusnya diingatkan pada Habib Rizieq bahwa pandemi di Jakarta masih belum terkendali. Ada regulasi @DKIJakarta yang harus dipatuhi oleh siapapun, agar tidak membuat kerumunan, dan selalu 3M. Habib Rizieq perlu kampanye kepatuhan 3M pada para pengikutnya," ucapnya.

Selain Pandu, Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman menyebut Rizieq juga wajib melakukan karantina mandiri selama 14 hari dalam pengawasan tenaga kesehatan, karena hasil tes PCR yang dimiliki Rizieq saat melakukan pemeriksaan di Arab Saudi hanyalah sementara, Rizieq dan rombongannya masih berpotensi terpapar virus di sepanjang perjalanan pulang.

"Selama karantina juga idealnya ada testing juga, misalnya dengan rapid test antigen, biasanya di negara maju 12 hari pertama ada tes, nanti hari ke 48 juga ada tes," sambung Dicky.

Aturan karantina kesehatan selama pandemi Covid-19 ini sudah diatur dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/332/2020 yang ditandantangani Menkes Terawan Agus Putranto.\

Baca Juga: Penampakan Rumah Habib Rizieq di Petamburan Jelang Pernikahan Najwa Besok

Suasana kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan jelang acara pernikahan putrinya, Najwa Shihab. (Suara.com/Bagaskara)
Suasana kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan jelang acara pernikahan putrinya, Najwa Shihab. (Suara.com/Bagaskara)

Dihadiri 10 Ribu Orang

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar