alexametrics

Sekolah Diizinkan Buka Lagi, Wagub DKI Serahkan ke Orang Tua Murid

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Sekolah Diizinkan Buka Lagi, Wagub DKI Serahkan ke Orang Tua Murid
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

"Jadi sekalipun mungkin dibuka tidak berarti anak-anak harus ikut tatap muka. Jadi ada kesempatan wali murid memutuskan yang terbaik."

Suara.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya tak bisa begitu saja menginkan anak sekolah tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya hal ini harus dapat izin dari orang tua masing-masing siswa.

Riza mengatakan, kondisi perkembangan pandemi dalam dua bulan ke depan menjadi pertimbangan utama. Nantinya orang tua bisa menentukan akan memberikan izin anaknya pergi ke sekolah atau tidak.

"Jadi sekalipun mungkin dibuka tidak berarti anak-anak harus ikut tatap muka. Jadi ada kesempatan wali murid memutuskan yang terbaik," ujar Riza di gedung Perbakin, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (22/11/2020).

Riza juga menyebut nantinya ketika sekolah kembali dibuka, protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 harus diterapkan. Pihaknya akan memastikan segala fasilitas pendukung untuk kesehatan warga sekolah akan disediakan.

Baca Juga: Nyaris 500 Ribu Kasus, Pasien Corona di Indonesia Kini Capai 497.668 Orang

"Ada kesiapan sarana prasarana pendukung di setiap Pendidikan, seperti HS, pengecekan suhu, diatur jumlah kapasitasnya tidak boleh lebih dari 50 persen dan sebagainya," jelasnya.

Politisi Gerindra ini juga menyebut pihaknya membuat regulasi yang mengatur pembukaan sekolah. Aturan ini akan membuat pihak sekolah mempersiapkan diri dan mengatur standar beroperasi di tengah pandemi.

"Kami pemprov, Dinas Pendidikan sudah menyiapkan berbagai regulasi jauh-jauh hari tentang dimungkinkannya kalau nanti dimulai tatap muka," pungkasnya.

Komentar