alexametrics

Besok Vaksinasi Covid-19, Nakes Cek Kesehatan Pedagang Pasar Tanah Abang

Agung Sandy Lesmana | Yaumal Asri Adi Hutasuhut
Besok Vaksinasi Covid-19, Nakes Cek Kesehatan Pedagang Pasar Tanah Abang
Penampakan nakes saat memeriksa warga jelang vaksinasi covid-19 di Pasar Tanah Abang. (Suara.com/Yaumal)

"Artinya untuk mengetahui kondisi kesehatan pedagang yang akan divaksin. Apakah dalam kondisi sehat atau tidak, seperti yang tensi, gula, dan diabetesnya..."

Suara.com - Menjelang vaksinasi Covid-19 bagi pedagang,  pengelolah Pasar Tanah Abang matangkan persiapan pada Selasa (16/2/2021). 

Direktur Pengelolah Pasar Tanah Abang  Blok A, Indiarto mengatakan, saat ini sedang dilakukan screening, guna mengetahui kondisi kesehatan calon penerima vaksin. 

"Artinya untuk mengetahui kondisi kesehatan pedagang yang akan divaksin. Apakah dalam kondisi sehat atau tidak, seperti yang tensi, gula, dan diabetesnya. Artinya harus dicari tahu tubuhnya siap dan tidak siap untuk divaksin," kata Indiarto saat ditemui Suara.com di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (16/2/2021). 

Indiarto mengatakan,  screening yang dilakukan hari ini, juga bertujuan untuk mendapatkan data pedagang yang akan vaksin pada Rabu (17/2/2021). 

Baca Juga: Tempat Kerumunan, Ini 2 Lokasi Vaksinasi Covid di Pasar Tanah Abang Besok

"Pada screening hari ini setidaknya ada sekitar 500 pedagang yang datang" jelas Indiarto. 

Penampakan Pasar Tanah Abang jelang vaksinasi Covid-19, Rabu besok. (Suara.com/Yau
Penampakan Pasar Tanah Abang jelang vaksinasi Covid-19, Rabu besok. (Suara.com/Yau

Sementara itu untuk proses vaksinasi besok, dimulai pukul jam 09.00 WIB sampai selesai, waktu ini juga kemungkinan akan berubah. Targetnya dalam sehari 1500 pedagang akan divaksin. 

"Total keseluruhan pada tahap kedua ini 10 ribu pedagang. Sehari kami targetkan   1500 , berarti kurang lebih seminggulah" jelas Indiarto. 

Seperti pemberitaan sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan akan mulai melakukan vaksinasi COVID-19 tahap kedua dimulai dari Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (17/2/2021). 

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS mengatakan pedagang termasuk dalam kelompok profesi yang sangat rawan terpapar covid-19 dalam kegiatan sehari-hari di pasar, sehingga harus segera divaksin. 

Baca Juga: Besok, 10 Ribu Pedagang di Pasar Tanah Abang Bakal Disuntik Vaksin Covid-19

"Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar yang menjadi pilot project di DKI Jakarta yaitu di Pasar tanah abang pada hari Rabu 17 Februari 2021," kata Maxi dalam jumpa pers virtual, Senin (15/2/2021).

Komentar