alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Dihadiahi Lukisan Langka Berwajah Sultan Arab?

Reza Gunadha | Hernawan
CEK FAKTA: Benarkah Jokowi Dihadiahi Lukisan Langka Berwajah Sultan Arab?
Cek fakta Jokowi menerima hadiah lukisan langka bergambar Sultan Arab (Turnbackhoax.id).

Jokowi diberi hadiah lukisan langka bergambar Sultan Arab? Begini faktanya.

Suara.com - Beredar di media sosial, klaim yang menyebut Presiden Jokowi diberi hadiah lukisan langka berwajah Sultan Arab.

Klaim tersebut dibagikan oleh akun Facebook Dukung Jokowi 3 Periode. Disertakan di sana foto Presiden Jokowi bersama Menko Bidang Perekonomian (2015-2019) Darmin Nasution.

Presiden Jokowi dan Darmin Nasution terlihat memegang bingkai yang diklaim berisi foto Sultan Arab dengan narasi bertuliskan "Jokowi Menerima Hadiah Lukisan Langka Berwajah Sultan Arab".

Berikut narasi yang ditulis:

Baca Juga: Ramai Kabar Pengumuman Prakerja Gelombang 12, Publik Pertanyakan Hal Ini

"WOW! Pemimpin negara lain mana ada lukisan langka ini. Lukisan dibawah merupakan wajah dari Syekh Ferdinand Sirugor Al-Kazzab seorang Sultan Arab, pemuka besar agama penyembah katak dan juga merupakan penemu Gurun Sahara di Arab Saudi."

Cek fakta Jokowi menerima hadiah lukisan langka bergambar Sultan Arab (Turnbackhoax.id).
Cek fakta Jokowi menerima hadiah lukisan langka bergambar Sultan Arab (Turnbackhoax.id).

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com pada Rabu (3/3/2021) klaim yang menyebut Presiden Jokowi menerima hadiah lukisan langka berwajah Sultan Arab tersebut keliru.

Faktanya, foto asli diambil saat Presiden Jokowi bersama Menko Bidang Perekonomian (2015-2019) Darmin Nasution memegang foto bergambar wajah Presiden Jokowi.

Baca Juga: Viral Akibat Salah Pilih MUA, Rias Pengantin Wanita Malah Jadi Begini

Selain itu, orang dalam foto sebagaimana diklaim Sultan Arab tersebut merupakan politisi Ferdinand Hutahaean.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar