alexametrics

Tingkatkan Kualitas Produk, UMKM di Jateng Jalin Kerja Sama dengan Hotel

Fitri Asta Pramesti
Tingkatkan Kualitas Produk, UMKM di Jateng Jalin Kerja Sama dengan Hotel
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri UMKM Network and Business Fair. (Dok. Pemprov Jateng)

Empat hotel di bawah naungan Accor Group menandatangani kerja sama dengan koperasi dan UMKM di Jateng.

Suara.com - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri UMKM Network and Business Fair di Hotel Novotel, Semarang, Senin (5/4/2021) dengan agenda penandatangan kerja sama antara empat hotel di bawah naungan Accor Group dengan koperasi dan UMKM di Jateng. 

Kerja sama  yang juga dilakukan di Solo dan Surabaya tersebut, merupakan langkah untuk menaikkan kelas produk UMKM di Jateng.

"Kita mencoba kerja sama, jadi kita gandeng produk UMKM, terus kemudian kita taruh di hotel. Setidaknya di hotel ini kopi sudah ada stand-nya, ada pojok untuk UMKM dan mini bar juga sehingga orang bisa langsung mencicipi produk lokal kita," kata Ganjar usai acara.

Ganjar bilang, ketika pertemuan tersebut sudah terjalin maka yang perlu menjadi perhatian adalah menjaga dan meningkatkan kualitas produk UMKM.

Baca Juga: Perkuat Pelaksanaan PTM, Ganjar Prioritaskan Vaksinasi Covid-19 Bagi Guru

Artinya, produk-produk UMKM yang bisa masuk ke hotel tersebut telah melewati seleksi kualitas. Termasuk pendukungnya seperti cerita, narasi, atau story telling dari produk tersebut.

"Biar lulus harus berkualitas. Kalau memang tidak bisa maka kita ajari, pemerintah turun tangan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ema Rachmawati, mengatakan kerja sama itu terwujud sebagai bentuk kolaborasi lintas OPD di Jawa Tengah. Total kerja sama empat general manager hotel Accor Group dengan 43 Koperasi dan UMKM tersebut mencapai Rp 1.561.506.500. Adapun kontrak kerja sama berlangsung selama dua tahun.

"Mudah-mudahan nanti diperpanjang (kerja samanya). Jumlah itu belum termasuk dengan kerja sama dengan Grand Mercure dan Kemenparekraf," beber Ema. 

Adapun untuk bisa memenuhi pasar di hotel-hotel, pelaku UMKM juga diharuskan untuk berinovasi terhadap produk-produknya. Ema mencontohkan, produk Wingko "O" yang berinovasi dengan membuat kemasan ukuran kecil atau produk "wedhang uwuh" yang juga harus menyediakan kemasan ukuran kecil agar bisa masuk di mini bar hotel.

Baca Juga: Banjir Bandang di NTT, Ganjar Pranowo akan Kirim Bantuan

Selain itu, lanjut Ema, setiap akhir pekan di hotel-hotel Accor Group yang telah bekerja sama dengan UMKM juga akan ada pameran gratis untuk UMKM. Begitu juga dengan penyediaan coffee corner di hotel-hotel tersebut.

"Untuk kopi ini jaringan Accor Group akan menggunakan kopi lokal Jawa Tengah," katanya.

Komentar