alexametrics

Ramadhan Kareem Artinya Apa? Ini Makna Ucapan Bulan Ramadhan yang Tepat

Rifan Aditya
Ramadhan Kareem Artinya Apa? Ini Makna Ucapan Bulan Ramadhan yang Tepat
Ilustrasi Ramadan, Ramadhan Kareem Artinya Apa? Ini Makna Ucapan Bulan Ramadhan yang Tepat. (Pixabay/ john peter)

Ramadhan Kareem artinya apa? Apa bedanya dengan Ramadhan Mubarak? Seperti apa ucapan bulan Ramadhan yang tepat?

Suara.com - Ramadhan Kareem artinya apa? Menjelang bulan Ramadhan 1442 H yang akan jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021, banyak orang yang mengucapkan atau memberi selamat kepada sesama umat muslim dengan mengucapkan Ramadhan Kareem baik secara langsung maupun melalui pesan singkat atau bahkan media sosial.

Berikut ini akan dijelaskan makna Ramadhan Kareem. Apakah kalimat Ramadhan Kareem cocok dipakai untuk ucapan bulan Ramadhan? Lalu seperti apa ucapan bulan Ramadhan yang tepat?

Kareem sendiri memiliki arti murah hati. Oleh karena itu Ramadhan Kareem dapat diartikan dengan “Semoga Ramadhan bermurah hati kepada Anda”.

Melalui arti tersebut, ucapan Ramadhan Kareem banyak menuai perdebatan. Pasalnya bukan Ramadhan-lah yang memiliki kemurahan hati, tetapi Allah SWT yang menjadikannya demikian.

Baca Juga: Arti Marhaban Ya Ramadhan yang Sering Diucapkan Saat Bulan Puasa

Oleh karena itu, Ramadhan Mubarak dinilai lebih tepat untuk diucapkan daripada Ramadhan Kareem. Sebab, Ramadhan Mubarak sendiri memiliki arti “Ramadhan yang diberkati" atau “Ramadhan yang bahagia”.

Hal ini juga semakin ditegaskan oleh salah satu cendekiawan muslim, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin:

“Hukumnya adalah bawah kalimat ini “Ramadan Karim” (terjemahnya: Ramadan itu pemurah) adalah tidak benar. Yang benar adalah “Ramadan Mubarak” (Ramadan yang diberkahi) atau yang semisal, karena bukan Ramadan yang memberi sehingga disebut pemurah, akan tetapi Allah Ta’ala yang memberikan keutamaan ini.”

Selain itu, penggunaan Ramadhan Mubarak dianggap lebih tepat karena penggunaannya telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW:

“Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Arab Saudi Beri Izin Umrah saat Ramadhan Bagi Jamaah yang Sudah Divaksin

Meski begitu, tidak sedikit pula yang meyakini bahwa penggunaan Ramadhan Kareem juga tidak salah karena menceriminkan berkah yang Allah SWT berikan kepada umat-Nya di bulan suci.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar