alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Luhut Sebut Jokowi Hafal 40 Juz Al Quran Sejak Kecil?

Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
CEK FAKTA: Luhut Sebut Jokowi Hafal 40 Juz Al Quran Sejak Kecil?
Fakta Jokowi hafal Al-Qur'an 40 juz sejak kecil (Turnbackhoax.id)

Benarkah Jokowi sudah hafal Al-Qur'an 40 juz sejak kecil? Simak penjelasannya berikut!

Suara.com - Beredar narasi yang menyebutkan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah hafal 40 Juz Al-Qur'an sejak kecil.

Narasi tersebut dimuat oleh akun Facebook bernama Frybanshe dalam grup Dukung Jokowi 3 Periode.

Akun tersebut mengunggah foto tangkapan layar berita dari media online Viva.co.id dengan judul 'Luhut Sebut Sejak kecil Jokowi Sudah Hafal 40 Juz Al-Qur'an'.

Tak hanya itu, akun tersebut juga menambahkan narasi sebagai berikut:

Baca Juga: CEK FAKTA: Ada Acara Peragaan Busana Toleransi Antarumat Beragama?

"Siapa yang pengen anaknya seperti pak Jokowi".

Benarkah klaim tersebut?

Fakta Jokowi hafal Al-Qur'an 40 juz sejak kecil (Turnbackhoax.id)
Fakta Jokowi hafal Al-Qur'an 40 juz sejak kecil (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Kamis (8/4/2021), klaim Luhut sebut Jokowi hafal 40 Juz Al-Qur'an sejak kecil adalah klaim yang salah.

Setelah ditelusuri, ternyata foto tangkapan layar artikel Viva.co.id tersebut telah diedit atau disunting oleh orang tak bertanggungjawab.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Mayat Bertumpuk Akibat Covid-19, Satu Menghisap Rokok?

Artikel asli yang dimuat oleh Viva.co.id berjudul 'Luhut Sebut Sejak Kecil Jokowi Sudah Hafal 40 Juz Alquran, Asli?' yang tayang di situs Wartaekonomi.co.id pada 2 September 2020.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar