alexametrics

Survei Prabowo Teratas Capres Potensial, Gerindra di Bawah PDIP dan PD

Dwi Bowo Raharjo | Novian Ardiansyah
Survei Prabowo Teratas Capres Potensial, Gerindra di Bawah PDIP dan PD
Seluruh pengurus daerah Partai Gerindra bersepakat mendukung Prabowo Subianto menjadi calon presiden pada Pilpres 2024, setelah yang bersangkutan kembali dipilih sebagai ketua umum, Sabtu (8/8/2020). [Suara.com/Bagaskara]

"Alasan-alasan yang digunakan dalam memilih tokoh cukup rasional, seperti berpengalaman dalam pemerintahan."

Suara.com - Nama Prabowo Subianto menjadi teratas sebagai tokoh nasional yang paling banyak akan dipilih dalam Pemilu 2024. Prabowo mendapatkan perolehan 16,4 persen, disusul tokoh muda lainnya yang potensial dipilih sebagai presiden.

Penempatan Prabowo di nomor urut pertama itu berdasarkan haisl survei Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) tentang Pendapat Masyarakat terhadap Pelembagaan Partai Politik dan Isu-Isu Aktual Menuju 2024.

Berdasarkan keterengannya, LP3ES menyebutkan mayoritas masyarakat, sebanyak 70 persen mendukung regenerasi pimpinan politik kepada tokoh muda dalam partai. Survei LP3ES di 34 kota di Indonesia iti menggambarkan 5 tokoh nasional yang paling banyak akan dipilih dalam pemilu 2024.

"Prabowo Subianto (16,4%), Anies Baswedan (12,8%), Ganjar Pranowo (9,6%), Agus Harimurti Yudhoyono (8,8%) dan Ridwan Kamil (7,5%)," tulis LP3ES.

Baca Juga: Gugurkan Gugatan Demokrat Kubu Moeldoko, Ini Alasan Hakim

Sementara itu Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Prof Firman Noor menjelaskan soal alasan utama masyarakat memilih tokoh-tokoh tersebut sebagai calon presiden, antara lain berpengalaman dalam pemerintahan, merakyat, cerdas solutif, berwibawa dan tegas.

"Alasan-alasan yang digunakan dalam memilih tokoh cukup rasional, seperti berpengalaman dalam pemerintahan. Hal ini tidak terlepas dari paparan informasi dan perhatian masyarakat pada isu-isu sosial dan politik," kata Firman dalam rilis LP3ES.

Adapun survei LP3ES dilakukan pada 8 sampai 15 April 2021 terhadap 1.200 responden yang terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019. Sampel ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage random sampling) dengan margin of error: +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%.

Parpol Terbanyak Dipilih

LP3ES sekaligus melakukan survei kepada masyarakat terkait partai politik mana yang akan dipilih jika pemilihan umum dilakukan saat ini.

Baca Juga: Bertandang ke DPP Gerindra, Ini yang Dibahas Presiden PKS dan Prabowo

Hasilnya, PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan Partai Gerindra, Partai Golkar dan PKS menjadi lima terbanyak yang dipilih masyarakat.

Komentar