alexametrics

Naik Ambulans, Modus Baru Pemudik Lebaran Kelabui Polisi

Agung Sandy Lesmana | Muhammad Yasir
Naik Ambulans, Modus Baru Pemudik Lebaran Kelabui Polisi
Video mobil ambulans yang mengangkut pemudik saat terjaring Operasi Ketupat 2021. (ist)

"Ada satu buah ambulans yang coba mengelabuhi..."

Suara.com - Selain menggunakan mobil bak tertutup, banyak orang yang memutar otak untuk bisa ke kampung halaman di saat berlakunya larangan mudik lebaran 2021. Kini modus baru pemudik adalah menaiki mobil ambulans.  

Peristiwa itu terungkap saat petugas melakukan penyekatan larangan mudik di Tol Cikarang 1. Lantaran nekat mengelabui aparat, sopir ambulans itu akhirnya diberi sanksi putar balik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan peristiwa itu terjadi pada Kamis (6/5) malam kemarin. 

"Ada satu buah ambulans yang coba mengelabui. Ini salah satu modus operandi," kata Yusri kepada wartawan, Jumat (7/5/2021).

Baca Juga: Dua Hari Larangan Mudik, 54 Kendaraan Diputar Balik di Gerbang Tol Bekasi

Yusri menyebut mobil ambulans tersebut bermuatan tujuh orang dengan sopir. Mereka berdalih hendak melayat orang tuanya yang meninggal di Subang, Jawa Barat.

"Tapi pada saat ditanya persyaratannya termasuk swab antigen ini tidak bisa dia tunjukkan. Setelah dicek ternyata ambulans ini dijadikan modus operandi untuk mudik padahal persyaratannya tidak sesuai dengan aturan," beber Yusri.

Operasi Ketupat Jaya 2021

Pemerintah melarang mudik lebaran sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Larangan tersebut berlaku sejak 6 hingga 17 Mei 2021.

Bersamaan dengan itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menggelar Operasi Ketupat Jaya 2021. Ada 17 titik check point dan 14 titik penyekatan yang didirikan di beberapa wilayah perbatasan Jabodetabek.

Baca Juga: Pakai Lima Bus, 22 Penumpang Bisa Keluar Jakarta dari Terminal Kalideres

Berikut daftar titik penyekatan dan pos check point Operasi Ketupat Jaya 2021 di perbatasan wilayah Jabodetabek:

Komentar