alexametrics

Kapan Waktu Puasa Syawal 2021 atau 1442 H?

Rifan Aditya
Kapan Waktu Puasa Syawal 2021 atau 1442 H?
Kapan Waktu Puasa Syawal 2021 atau 1442 H? - Ilustrasi berpuasa (Shutterstock)

Usai bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk melanjutkan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal. Lalu, kapan waktu puasa Syawal 2021 ini?

Suara.com - Usai bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk melanjutkan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal. Lalu, kapan waktu puasa Syawal 2021 ini? Cari tahu selengkapnya di sini.

Kapan Waktu Puasa Syawal 2021

Puasa Syawal dilaksanakan selama bulan Syawal dan mulai sehari setelah Idul Fitri atau tepatnya pada tanggal 2 Syawal. Jika 1 Syawal 1442 H jatuh tepat pada tanggal 13 Mei 2021, maka ibadah puasa sunnah atau waktu puasa syawal 2021 ini bisa dilaksanakan mulai tanggal 14 Mei 2021.

Puasa Syawal selama 6 hari idealnya dilaksanakan setelah hari Raya Idul Fitri secara berturut-turut, yakni pada 2-7 Syawal. Namun jika berpuasa Syawal di luar tanggal tersebut selama masih di bulan Syawal tetap mendapatkan keutamaan Puasa Syawal sekalipun tidak dikerjakan berurutan.

Baca Juga: Hadits Puasa Syawal dan Waktu Menjalankan yang Sesuai Sunnah

Saking besarnya keutamaan puasa sunnah Syawal, seseorang dianjurkan mengutamakan puasa Syawal dan mengqadha puasa wajib di lain waktu. Artinya untuk dapat melaksanakan ibadah puasa Syawal, tidak harus mengqadha puasa terlebih dahulu.

Niat Puasa Syawal

Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatis Syawwali lillahi ta‘ala. 

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Berbeda dengan puasa wajib, niat puasa sunnah Syawal boleh dilakukan pada pagi atau siang hari selama belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa.

Baca Juga: Niat Puasa Syawal Lengkap dengan Keutamaan, Hukum dan Tata Cara Puasa

Adapun puasa Syawal yang dimulai pada siang hari, dianjurkan untuk melafalkan niat puasa Syawal di siang hari saat itu juga. Berikut ini lafal niatnya dalam bahasa Arab.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar