alexametrics

Gowes 19 Km dari Rumah ke Balai Kota, Anies: Bersepeda Tak Perlu Baju Khusus

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Gowes 19 Km dari Rumah ke Balai Kota, Anies: Bersepeda Tak Perlu Baju Khusus
Gubernur Jakarta Anies Baswedan ikut memperingati Hari Sepeda Dunia atau World Bike Day 2021 yang jatuh hari ini, Kamis (3/6/2021). (Suara.com/Fakhri Fuadi)

"3 Juni adalah hari bersepeda dunia."

Suara.com - Gubernur Jakarta Anies Baswedan ikut memperingati Hari Sepeda Dunia atau World Bike Day 2021 yang jatuh hari ini, Kamis (3/6/2021). Anies memperingatinya dengan melakukan gowes bersama dari rumahnya di Lebak Bulus, Jakarta- Selatan menuju ke kantor Balai Kota.

Dari rumahnya, Anies janjian dengan Dubes Denmark, Belanda, Badan Pemeriksa Keuangan RI, serta komunitas Bike To Work di Bundaran Senayan. Selanjutnya setelah berkumpul, rombongan bersama-sama menuju Balai Kota.

Anies memperkirakan perjalanannya dari rumah sampai ke Balai Kota memakan waktu sampai 19 km.

"3 Juni adalah hari bersepeda dunia, yang pagi ini kita peringati dengan berangkat dari rumah menggunakan sepeda. Saya juga berangkat dr rumah saya kalau diitung km, 19 km sampai ke balai kota," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta.

Baca Juga: Anies Targetkan Jakarta Punya Jalur Sepeda Sepanjang 164 Km Tahun Ini

Menurut Anies, kegiatan ini juga menjadi kampanye untuk mengajak masyarakat bersepeda setiap hari dari kantornya.

Ia meminta masyarakat agar menganggap sepeda bukan hanya sekadar alat olahraga, melainkan transportasi.

"Kita biasanya melihat sepeda sebagai alat olahraga, itu baik-baik saja bisa diteruskan tapi perlu ditambahkan," kata Anies.

Mantan Mendikbud ini pun menyebut dengan menganggap sepeda sebagai alat transportasi, maka tak perlu ada atribut khusus. Hanya perlu memakai baju kerja biasa tanpa kelengkapan pendukung kecuali untuk keamanan.

Anies sendiri bersepeda menggunakan batik berwarna merah yang menjadi pakaian dinasnya di hari Kamis. Ia hanya mengenakan helm dan tak mengenakan atribut khusus lainnya.

Baca Juga: Mantap! Anies Baswedan Tambah 101 Km Jalur Sepeda Tahun Ini

"Kami dari sisi pemerintah menyiapkan infrastrukturnya, jalur sepedanya, bahkan sekarang ada jalur sepeda permanen. harapannya kita semua manfaatkan ini ujungnya harapannya masyarakat Jakarta bisa sehat," pungkasnya.

Komentar