facebook

Keutamaan Puasa Senin Kamis: Dibuka Pintu Surga hingga Melatih Kesabaran

Rifan Aditya
Keutamaan Puasa Senin Kamis: Dibuka Pintu Surga hingga Melatih Kesabaran
Keutamaan puasa senin kamis - Ilustrasi puasa. (Shutterstock)

Puasa Senin Kamis salah satu ibadah sunah yang memiliki banyak keutamaan, terutama jika dijalankan secara rutin. Lantas, apa keutamaan puasa senin kamis?

Suara.com - Puasa Senin Kamis salah satu ibadah sunah yang memiliki banyak keutamaan, terutama jika dijalankan secara rutin. Lantas, apa keutamaan puasa senin kamis? Simak penjelasannya berikut ini.

Diketahui, keutamaan ibadah puasa senin kamis ini bukan hanya menyehatkan jasmani maupun rohani, tapi juga mencetak amalan baik. Puasa sunnah senin kamis juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut tercantum juga dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang bunyinya sebagai berikut.

“Seluruh amal manusia dilaporkan ke hadapan Allah dalam setiap pekan dua kali, yaitu pada hari Senin dan hari Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya sedang bermusuhan.”

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Baca Juga: Puasa Sunnah Lengkap: Jenis dan Keutamaan Masing-masing

Bagi para umat muslim tingkatkan amal ibadah dengan puasa senin kamis. Berikut ini keutamaan puasa senin kamis yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Simak baik-baik ya.

1. Hari Diangkatnya Amal

Senin dan Kamis adalah hari di mana dilaporkannya amalan manusia kepada Allah SWT. Oleh karena itu, pada dua hari tersebut dianjurkan untuk berpuasa sunah.

Imam Tirmidzi meriwayatkan hadis bersumber dari Abi Hurairah, yang berbunyi sebagai berikut.

“Berbagai amalan dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin Kamis, maka aku suka apabila amalanku dilaporkan kala aku sedang menjalankan ibadah puasa.”

Baca Juga: Niat Puasa Senin Kamis, Lengkan dengan Doa Berbuka Puasa

2. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar