alexametrics

Kasus Varian Delta Melonjak di Kudus hingga Jakarta, Begini Perintah Jokowi ke Menkes

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Kasus Varian Delta Melonjak di Kudus hingga Jakarta, Begini Perintah Jokowi ke Menkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin / [Sekretariat Presiden]

"Sehingga beliau meminta agar ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi, ini benar-benar diperhatikan dan sekali lagi implementasinya di lapangannya..

Suara.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam rapat terbatas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan dua hal, yakni implementasi di lapangan untuk penerapan protokol kesehatan dan akselerasi program vaksinasi

Hal ini dikatakan Budi usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/6/2021).

"Arahan bapak presiden tadi penekanannya dua, yang pertama adalah implementasi di lapangan untuk penerapan protokol kesehatan dan juga tadi dilengkapi dengan bapak wakil presiden mengenai 3T. Yang kedua, menekankan perlunya ada akselerasi program vaksinasi," ujar Budi dalam jumpa pers, Senin (14/6/2021).

Pertama, Jokowi kata Budi meminta implementasi penekankan protokol kesehatan, harus dijalankan dengan displin sesuai aturan PPKM mikro.

Baca Juga: Suasana Vaksin Massal di Stadion Patriot Bekasi

"Presiden menekankan sekali lagi bahwa protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin sesuai dengan aturan PPKM mikro sudah ada, seperti yang disampaikan Menko, karena memang banyak. Aturannya sudah baik untuk daerah merah, oranye, kuning tapi implementasi di lapangannya yang perlu disiplinkan," kata Budi.

Dalam implementasi disiplin protokol kesehatan di lapangan,  Jokowi memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan pengawasan.

"Beliau (Presiden) menugaskan Bapak Panglima dan Kapolri untuk memastikan bahwa implementasi di lapangan sesuai dengan yang sudah dirumuskan," ucap dia.

Budi menuturkan dalam ratas, Jokowi juga menekankan displin ketat terkait penggunaan masker. Hal ini menyusul banyaknya klaster keluarga terjadi khususnya dikarenakan mudik, pariwisata dan aktivitas makan bersama yang mengharuskan membuka masker. 

"Sehingga beliau meminta agar ketiga aktivitas di mana kesempatan untuk membuka maskernya tinggi, ini benar-benar diperhatikan dan sekali lagi implementasinya di lapangannya diperketat," tutur Jokowi.

Baca Juga: Pesta Kesenian Bali (PKB) Semoga Jadi Kebangkitan UKM Perajin Songket Jembrana

"Untuk kegiatan-kegiatan seperti liburan panjang kegiatan kegiatan pariwisata yang berkerumun dan juga kegiatan-kegiatan makan bersama itu yang perlu ditekankan," sambungnya. 

Komentar