alexametrics

Viral Bocah Kena Penyakit Croup, Gejala Batuk Keras Seperti Menggonggong

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
Viral Bocah Kena Penyakit Croup, Gejala Batuk Keras Seperti Menggonggong
Viral Bocah Kena Penyakit Croup. (Instagram/@makassar_iinfo)

"kasian banget itu pasti kayanya sakitnya sampe nyeri ke kepala," komen warganet.

Suara.com - Sebuah video seorang bocah yang terkena penyakit croup telah menjadi viral. Bocah itu tak berhenti batuk keras yang suaranya terdengar seperti sedang menggonggong.

Video itu menjadi viral setelah dibagikan oleh akun Instagram @makassar_iinfo pada Jumat (18/6/2021). Hingga berita ini dibuat, video ini telah disaksikan lebih dari 62 ribu kali.

Dalam video, bocah itu terus batuk-batuk dengan suara mirip gonggongan. Ia mengalami batuk keras dan tak bisa berhenti menangis karena kesakitan.

Bocah itu nampak sedang menjalani pengobatan alternatif. Seorang pria yang diduga ayahnya terlihat memangku sang anak dan mendekapnya erat-erat.

Baca Juga: Bongkar Amplop Sumbangan Pernikahan, Pas Dibuka Syok Lihat Isinya

Sementara seorang wanita terus memijat kepala di bagian kanan dan kiri. Ia juga sesekali menekan-nekan dada bocah itu.

Lalu ada juga seorang pria lainnya yang menekan-nekan berbagai titik kepala sang bocah. Proses itu rupanya sangat menyakitkan bagi sang bocah karena ia kemudian menjerit dan berusaha menolak.

Viral Bocah Kena Penyakit Croup. (Instagram/@makassar_iinfo)
Viral Bocah Kena Penyakit Croup. (Instagram/@makassar_iinfo)

Keterangan video menuliskan jika croup adalah penyakit pernapasan yang biasa dialami oleh anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus.

"Croup adalah penyakit saluran pernapasan pada anak yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus," tulis akun ini dalam caption Instagram seperti dikutip oleh Suara.com, Jumat (18/6/2021).

Anak yang terkena croup biasanya memang selalu mengalami gejala khas. Gejala ini adalah batuk keras yang terdengar seperti gonggongan anjing.

Baca Juga: Bukan Main! Viral Warung Tawarkan Makan Rujak Bareng Ikan Koi, Tuai Komentar Kocak

"Anak yang menderita croup biasanya mengalami gejala yang khas, yaitu batuk keras seperti menggonggong," jelas akun ini.

Komentar