alexametrics

Darurat Covid-19, Pemerintah Tambah Lagi 8 Ribu Tempat Tidur Isolasi di Jakarta

Agung Sandy Lesmana | Stephanus Aranditio
Darurat Covid-19, Pemerintah Tambah Lagi 8 Ribu Tempat Tidur Isolasi di Jakarta
Ilustrasi--Petugas medis menata tempat tidur di dalam kamar untuk pasien positif COVID-19. [ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah]

"...Total fasilitas mencapai 8.000 tempat dari semua yang disediakan."

Suara.com - Pemerintah mempercepat penambahan tempat isolasi pasien Covid-19 di sekitar DKI Jakarta dan Jawa Barat menyusul tingginya lonjakan pandemi, 8 ribu tempat tidur disiapkan membantu RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran yang mulai penuh.

Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi mengungkapkan akan ada 8 ribu tempat tidur dari lima tempat yang tengah dipersiapkan.

"Ini semua fasilitas yang sudah disediakan secara bertahap akan kita gunakan kalau nanti Wisma Atlet sudah penuh. Total fasilitas mencapai 8.000 tempat dari semua yang disediakan," kata Dody, Jumat (18/6/2021).

Kelima lokasi itu antara lain; Rumah Susun Pasar Rumput Manggarai di Jakarta Selatan, Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur, Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, dan Rumah Susun Pasar Jumat di Jakarta Selatan.

Baca Juga: Covid-19 Mencekam! Tiap 2 Jam Jenazah Covid-19 Dimakamkan di TPU Jombang Tangsel

Bahkan, Graha Wisata TMII sudah menampung 40 orang dari dari 100 tempat tidur yang tersedia di 33 kamar di dalamnya.

Di Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan hampir 4.000 tempat tidur dengan fasilitas standar sudah tersedia.

Sementara di Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur sedikitnya 780 tempat tidur sudah siap dipakai untuk para calon pasien.

Di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Agama, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Dody menyebutkan, sudah tersedia 210 kamar tidur dengan fasilitas standarnya.

Di Rusun Pasar Jumat Jakarta Selatan, baru tersedia fasilitas standar yakni kamar tidur beserta tempat tidur sebanyak 1.000 dan fasilitas meja-kursi.

Baca Juga: Kronologi Wan Abud Meninggal karena Covid-19

Selain lima tempat ini, masih ada rusun lain yang juga akan digunakan yakni Rusun Daan Mogot di Jakarta Barat yang juga memuat fasilitas tempat tidur hampir 1.000.

Komentar