facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Viral Foto Pasien Bocah Tidur Bersama 3 Jenazah Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Reza Gunadha | Aulia Hafisa
Viral Foto Pasien Bocah Tidur Bersama 3 Jenazah Covid-19, Ini Penjelasan Rumah Sakit
Viral pasien COVID-19 tidur bersama jenazah di rumah sakit Bekasi.

Informasi pesan berantai berisikan seorang pasien Covid 19 tidur bersama jenazah Covid 19 viral di media sosial.

Suara.com - Warganet di media sosial dihebohkan oleh beredarnya foto yang diklaim pasien covid-19 anak-anak terpaksa tidur satu ruangan bersama 3 jenazah di rumah sakit Bekasi.

Berdasarkan kabar yang beredar, peristiwa itu terjadi di salah satu rumah sakit swasta, Bekasi, Jawa Barat.

Dalam narasi yang beredar, terdapat 4 pasien Covid-19 di ruangan itu. Tiga di antaranya sudah dinyatakan meninggal dunia. Sementara si bocah masih menjalani perawatan.

"Di RS Mitra ***** 1 kamar isinya 4 pasien Covid 19 dan yangg meninggal 3 orang, karena kamar jenazah penuh dan kagak bisa dibawa ambulance. Terpaksa ditaruh di dalam kamar dan yang 1 orang lagi tidur bersama 3 jenazah covid19 dalam 1 kamar di RS Mitra, makanya Stay Save dan Patuhi protokol Kesehatan demi keselamatan kita semua," demikian isi dari pesan berantai.

Baca Juga: Lagi Sakit Warganet Syok Dibuatkan Makanan Ini, Publik: Apa Nggak Bikin Tambah Demam?

Menanggapi hal ini, Marketing dan Humas Staf Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Dicky mengklaim foto itu bukan dipotret di tempatnya.

“Bukan (berlokasi di RS Mitra Barat),” kata Dicky.

Dicky menjelaskan, bahwa pihaknya sudah membuat surat tanggapan terkait pemberitaan yang beredar melalui pesan WhatsApp.

“Seiring peningkatan jumlah kasus covid-19 saat ini, Mitra Keluarga Grup memastikan seluruh pasien dirawat di kamar perawatan isolasi yang layak dan memadai,” jelas Manajemen Mitra Keluarga melalui siaran pers bernomor MIKA/PR/001/VI/2021.

Tidak hanya itu, RS Mitra Keluarga juga akan melaporkan orang yang sudah menyebar informasi hoaks dan menyebarkannya di internet hingga viral.

Baca Juga: COVID-19 Menggila, Vitamin dan Minyak Kayu Putih Diburu Warga

“Mitra Keluarga Group dengan tegas akan melaporkan setiap pemberitaan atau informasi yang tidak benar (hoaks) kepada pihak yang berwajib,” jelasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar