alexametrics

Viral Pesta Durian, Wakil DPR Malaysia Diperiksa Pihak Berwenang

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Viral Pesta Durian, Wakil DPR Malaysia Diperiksa Pihak Berwenang
Ilustrasi durian.[Shutterstock]

Ia mengatakan jika video tersebut diambil saat kunjungan di sebuah perkebunan durian.

Suara.com - Seorang pejabat Malaysia diperiksa pihak berwenang setalah sebuah video viral menunjukkan ia sedang pesta durian saat negara tersebut membatasi aktivitas untuk mengekang Covid-19.

Menyadur Channel News Asia Rabu (30/6/2021) Wakil ketua majelis rendah parlemen Malaysia Mohd Rashid Hasnon menjadi viral ketika dia terlihat menghadiri pesta durian di Batu Pahat, Johor.

Di bawah langkah-langkah MCO Malaysia saat ini yang bertujuan untuk membatasi penyebaran Covid-19, tidak ada pertemuan yang diizinkan.

Sejak video itu viral, polisi Batu Pahat mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa penyelidikan Mohd Rashid dimulai, yang juga seorang anggota parlemen untuk daerah tersebut.

Baca Juga: Cetak Tiga Gol dari 10 Laga, Saddil Ramdani Diganjar Kontrak Baru oleh Sabah FC

Malay Mail melaporkan bahwa polisi mengatakan akan memanggil Rashid dan yang terlihat dalam video tersebut untuk membantu penyelidikan.

Video berdurasi 14 detik yang viral sejak Selasa tersebut menunjukkan Mohd Rashid bersama sekelompok menghadiri pesta durian di sebuah perkebunan durian di Batu Pahat. Peristiwa itu dikatakan digelar pada 27 Juni.

Dalam tanggapannya kepada media pada hari Selasa, Mohd Rashid dilaporkan mengatakan jika acara dalam video itu sebenarnya diadakan tahun lalu sebelum MCO diberlakukan.

Dia membantah klaim bahwa dia telah melanggar prosedur operasi standar (SOP) yang melarang pertemuan atau acara apa pun.

Namun, dalam pernyataan lain yang dikeluarkan pada hari Rabu, Mohd Rashid mengklarifikasi bahwa pernyataan sebelumnya dibuat tanpa dia benar-benar melihat video dari awal.

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Perbedaan Bahasa Melayu dan Bahasa Melayu Pontianak

Setelah sempat melihat lebih dekat, kata dia, video viral tersebut diambil saat berkunjung ke sebuah perkebunan durian untuk mendengarkan keluhan para petani kecil durian yang terkena dampak MCO.

"Kebetulan pada hari itu ada kunjungan kerja Menteri Zuraidah Kamaruddin ke daerah itu. Kami rasa sudah sepantasnya untuk memberikan hadiah durian kepada rombongan menteri untuk dibawa pulang," jelas Mohd Rashid.

Usai kunjungan Menteri Perumahan Rakyat, Wakil Ketua DPR itu mengatakan, dirinya kemudian diundang ke kebun durian untuk mendengarkan permasalahan yang dilontarkan para petani dan membahas langkah apa yang akan diambil selanjutnya.

Di kebun, ia juga diajak mencicipi durian sambil berdiskusi dengan para petani tentang jenis bantuan yang bisa diberikan kepada mereka, menurut pernyataan tersebut.

"Saya menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang timbul dari media yang menghubungi saya menanyakan tentang video saya di peternakan dan saya telah menanggapi pertanyaan tanpa benar-benar melihatnya dari awal."

Komentar