alexametrics

Direktur CDC: 99,5 Persen Pasien Covid-19 yang Meninggal Belum Divaksin

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Direktur CDC: 99,5 Persen Pasien Covid-19 yang Meninggal Belum Divaksin
ILUSTRASI - Pasien COVID-19 memakai alat bantu oksigen menunggu untuk mendapatkan tempat tidur perawatan di IGD RSUD Cengkareng, Jakarta, Rabu (23/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Ini adalah sinyal positif yang menunjukkan kemanjuran vaksin.

Suara.com - Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat melansir penelitian bahwa 100 persen pasien covid-19 yang meninggal karena belum pernah menerima vaksin.

Direktur CDC dokter Rochelle Walensky mengatakan, berdasarkan data awal timnya, sebanyak 99,5 persen pasien covid-19 yang tak terselamatkan tidak divaksinasi dalam enam bulan terakhir. 

Menyadur Forbes Senin (5/7/2021), statistik ini mendukung pernyataan sebelumnya yang menyebut hampir setiap kematian terkait virus corona kini dapat dicegah.

Walensky menyebut hal ini sebagai sinyal positif yang menunjukkan kemanjuran vaksin meski ancaman varian delta lebih menular, yakni sekitar 25 persen dari kasus baru.

Baca Juga: Viral Pemuda Ngotot Masuk Surabaya Tanpa Hasil Swab dan Vaksin, Petugas Paksa Putar Balik

“Setiap penderitaan atau kematian akibat covid-19 tragis,” katanya. “Dengan vaksin yang tersedia di seluruh negeri, penderitaan dan kerugian yang kita lihat sekarang sepenuhnya dapat dihindari.”

Ilustrasi Pasien Covid-19. (Pexels)
Ilustrasi Pasien Covid-19. (Pexels)

Analisis sebelumnya oleh Associated Press menemukan 99,2 persen dari sekitar 18 ribu kematian terkait covid-19, terjadi pada individu yang tidak divaksinasi.

"Hanya 150 yang meninggal setelah divaksinasi."

Sementara itu di Amerika Serikat terdapat 1000 county yang hanya memiliki tingkat vaksinasi sekitar 30 persen, terutama yang berbasis di Selatan, Timur dan Midwest.

Komunitas-komunitas ini adalah "Yang paling rentan menurut kami", kata Walensky. CDC mencatat, ada peningkatan penyakit di beberapa daerah karena penyebaran strain delta mutan.

Baca Juga: Corona Menggila, Sri Mulyani Ingin 3 Juta Dosis Vaksin Disuntikan Setiap Hari

Komentar