facebook

Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Latin Lengkap Arti Terjemahan, Keutamaan Membaca di Hari Jumat

Dany Garjito
Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Latin Lengkap Arti Terjemahan, Keutamaan Membaca di Hari Jumat
Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Latin Lengkap Arti Terjemahan, Keutamaan Membaca di Hari Jumat. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Mari simak bersama penjelasan lengkap Surat Al Kahfi ayat 1-10.

Suara.com - Surat Al Kahfi ayat 1-10 latin arti terjemahan akan kami bahas pada artikel ini. Terdapat banyak keutamaan membaca surat Al Kahfi 1-10 di hari Jumat, mari simak bersama penjelasan lengkapnya.

Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Latin

Berikut bacaan Latin Surat Al Kahfi Ayat 1-10 dan Artinya

  1. al-hamdu lillahillazi anzala 'ala 'abdihil-kitaba wa lam yaj'al lahu 'iwaja
    Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya dan Dia tidak menjadikannya bengkok
  2. qayyimal liyunzira ba'san syadidam mil ladun-hu wa yubasysyiral-mu'mininallazina ya'malunas-salihati anna lahum ajran hasana
    Artinya: Sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan akan siksa yang sangat pedih dari sisi-Nya dan memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa mereka akan mendapat balasan yang baik.
  3. makisina fihi abada
    Artinya: Mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.
  4. wa yunzirallazina qaluttakhazallahu walada
    Artinya: Dan untuk memperingatkan kepada orang yang berkata, "Allah mengambil seorang anak."
  5. ma lahum bihi min 'ilmiw wa la li'aba'ihim, kaburat kalimatan takhruju min afwahihim, iy yaquluna illa kaziba
    Artinya: Mereka sama sekali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah jeleknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka hanya mengatakan (sesuatu) kebohongan belaka.
  6. fa la'allaka bakhi'un nafsaka 'ala asarihim il lam yu'minu bihazal-hadisi asafa
    Artinya: Maka barangkali engkau (Muhammad) akan mencelakakan dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur'an).
  7. inna ja'alna ma 'alal-ardi zinatal laha linabluwahum ayyuhum ahsanu 'amala
    Artinya: Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang ada di bumi sebagai perhiasan baginya, untuk Kami menguji mereka, siapakah di antaranya yang terbaik perbuatannya.
  8. wa inna laja'iluna ma 'alaiha sa'idan juruza
    Artinya: Dan Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah yang tandus lagi kering.
  9. am hasibta anna as-habal-kahfi war-raqimi kanu min ayatina 'ajaba
    Artinya: Apakah engkau mengira bahwa orang yang mendiami gua, dan (yang mempunyai) raqim itu, termasuk tanda-tanda (kebesaran) Kami yang menakjubkan?
  10. iz awal-fityatu ilal-kahfi fa qalu rabbana atina mil ladungka rahmataw wa hayyi' lana min amrina rasyada
    Artinya: (Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."
Tradisi unik dalam menyambut malam Lailatul Qadar dilakukan para santri dari Pondok Pesantren Baitul Mustofa, Solo dengan membaca kitab Alquran dengan penerangan kuno sentir, Selasa (4/5/2021) malam. [Suara.com/Budi Kusum]
Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Latin Lengkap Arti Terjemahan, Keutamaan Membaca di Hari Jumat. [Suara.com/Budi Kusum]

Keutamaan Surat Al Kahfi Ayat 1-10

Baca Juga: 3 Bacaan Doa Mengusir Jin dan Setan dari Rumah

  1. Dijauhkan dari Fitnah Dajjal
    Menurut salah satu riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi ayat 1-10 maka sesungguhnya itu akan jadi pemeliharanya dari (fitnah) Dajjal.
  2. Menjadi Penerang di Hari Kiamat
    Bagi siapapun yang menghafal dan mengamalkan surat Al Kahfi ayat 1-10 niscaya akan mendapatkan kebaikan berupa wahah bercahaya dan akan dijauhkan dari dosa yang tidak terampuni oleh Allah SWT.
  3. Terlindung dari Segala Marabahaya
    Surat Al Kahfi merupakan salah satu amalan Sunnah yang dianjurkan untuk di baca pada malam jumat, hal ini menjelaskan bahwasanya barangsiapa yang mengamalkan amalan ini akan dilindungi dari segala jenis bahaya.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Secara khusus terdapat keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari di mana kejadian-kejadian besar terjadi dan akan terjadi seperti diciptakannya nabi Adam as, dikeluarkan dari surga, dan kelak kiamat akan terjadi pada hari Jumat. Kejadian ini tertuang dalam hadist riwayat Muslim.

Sebaik-baiknya hari di mana sang surya menyinarinya adalah hari Jumat. Pada hari Jumat nabi Adam as diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dan dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat” (H.R. Muslim)

Menyadur dari NU Online, anjuran untuk membaca surat al-Kahfi pada hari jumat terdapat pada hadist yang diriwayatkan Imam Syafi’i yang berbunyi,

Imam Syafi’i berkata, telah mengkhabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma’mar bahwa Nabi saw bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada hari Jumat’. Beliau juga berkata, dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barang siapa yang membaca surat al-Kahf maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal. Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak-banyak membaca shalawat kepada Nabi saw dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca shalawat), begitu juga saya suka membaca surat al-Kahf pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini” (Muhammad Idris asy-Syafi’i, al-Umm, Bairut-Dar al-Ma’rifah, 1393 H, juz, 1, h. 207)

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dan Doa Berbuka Puasa

Keutamaan lainnya yakni mendapatkan ridho Allah SWT, diampuni dosanya oleh Allah SWT, dan disinari dengan cahaya kebaikan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar