alexametrics

Puasa Tarwiyah 2021 Jelang Idul Adha: Ini Hukum, Jadwal, Niat, dan Tata Caranya

Rifan Aditya
Puasa Tarwiyah 2021 Jelang Idul Adha: Ini Hukum, Jadwal, Niat, dan Tata Caranya
Puasa Tarwiyah Jelang Idul Adha 2021: Ini Hukum, Jadwal, Niat, dan Tata Caranya - Ilustrasi anak belajar puasa. (Shutterstock)

Kapan puasa tarwiyah 2021 dilakukan? Simak ulasan jadwal, hukum, tata cara dan niat puasa tarwiyah berikut ini.

Suara.com - Idul Adha 2021 akan dirayakan pada 20 Juli 2021. Selain sholat id, ada puasa sebelum Idul Adha yang dapat dikerjakan umat Islam, puasa tarwiyah salah satunya. Lalu kapan puasa tarwiyah 2021 dilakukan? Simak ulasan jadwal, hukum, tata cara dan niat puasa tarwiyah berikut ini.

Jadwal Puasa Tarwiyah 2021

Dilansir dari NU Online, Puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Itu artinya Puasa Tarwiyah 2021 akan jatuh pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2021.

Sebab, Idul Adha 1442 H 10 Dzulhijjah telah ditetapkan pemerintah akan dirayakan pada tanggal 20 Juli 2021. Sehari sebelumnya, anda juga dapat menjalankan puasa arafah 2021, yaitu pada hari Senin, 19 Juli 2021.

Baca Juga: Catat! Puasa Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha, Simak Niat dan Waktu Pelaksanaan

Keutamaan Puasa Tarwiyah

Keutamaan puasa Tarwiyah didasarkan salah satu hadits yang menyebutkan bahwa puasa pada hari Tarwiyah dapat menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun. 

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas" (HR Muslim).  

Sayangnya, hadits tersebut termasuk dhaif (kurang kuat riwayatnya) tetapi para ulama memperbolehkan mengamalkannya dalam rangka fadla'ilul a’mal (untuk memperoleh keutamaan). Terlebih, hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Hukum Puasa Tarwiyah 

Baca Juga: Bacaan Niat dan Jadwal Puasa Dzulhijah, Tarwiyah dan Arafah Tahun Ini

Puasa Tarwiyah juga merupakan salah satu puasa sunnah sepuluh hari menjelang Idul Adha sebelum 10 Dzulhijjah. Jadi ada sebagian umat muslim yang berpuasa 10 hari. Termasuk puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. 

Komentar