alexametrics

Bolehkah Puasa Arafah Tanpa Puasa Tarwiyah?

Rifan Aditya
Bolehkah Puasa Arafah Tanpa Puasa Tarwiyah?
Bolehkah Puasa Arafah Tanpa Puasa Tarwiyah? - Ilustrasi makanan berbuka puasa. (Shutterstock)

10 hari menjelang Hari Raya Idul Adha disunnahkan untuk berpuasa, seperti puasa Tarwiyah dan Arafah. Namun, bolehkah puasa Arafah tanpa puasa Tarwiyah?

Suara.com - Idul Adha digelar tanggal 10 Dzulhijjah 1442 H atau bertepatan dengan tanggal 20 Juli 2021. Awal bulan Dzulhijjah, tepatnya 10 hari menjelang Hari Raya Idul Adha disunnahkan untuk berpuasa, seperti puasa Tarwiyah dan Arafah. Namun, bolehkah puasa Arafah tanpa puasa Tarwiyah?

Puasa Sebelum Idul Adha

Diketahui, anjuran untuk berpuasa sunnah jelang hari Raya Idul Adha tercantum juga dalam sejumlah hadis Rasulullah SAW, salah satunya dari sahabat Abu Qatadah.

Dalam hadis tersebut menyampaikan tentang keutamaan puasa Arafah pada bulan Dzulhijjah serta puasa Asyura. Adapun bunyi hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim tersebut yakni sebagai berikut.

Baca Juga: BREAKING NEWS : Masjid Al Markaz Makassar Tiadakan Salat Idul Adha Tahun Ini

“Puasa satu hari Arafah (9 Dzulhijjah), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan dosa satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Dan puasa hari ‘Asyura’ (10 Muharram), saya berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.”

Pada hadis di atas dijelaskan bahwa puasa Dzulhijjah terdiri dari puasa Tarwiyah yang dilakukan tanggal 8 Dzulhijjah (dua hari jelang Idul Adha) dan puasa Arafah dilakukan tanggal 9 Dzulhijjah (1 hari jelang Idul Adha).

Puasa jelang Idul Adha ini mempunyai keutamaan yang luar biasa. Salah satu keutamaan yang paling luar biasa yaitu dihapusnya dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Puasa Tarwiyah yang selalu dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, pada tahun 2021 ini bertepatan dengan tanggal 18 Juli. Jika tidak sempat menjalankan puasa Tarwiyah, maka bisa melakukan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah atau 19 Juli 2021. Lantas, bolehkah puasa Arafah tanpa puasa Tarwiyah?

Hukum Puasa Arafah Tanpa Puasa Tarwiyah

Baca Juga: Hari Tasyrik 2021 Setelah Idul Adha: Arti, Kapan, Amalan dan Keutamaannya

Dalam video YouTube berjudul "Puasa Arafah, 9 Hari Berturut turut atau hanya 1 hari ?" yang diunggah pada 7 Agustus 2019, Ustadz Syafiq Riza Basalamah memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Komentar