alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Cek Fakta: Benarkah Mata Pengemudi Ditusuk Petugas di Pos PPKM Padang?

Dany Garjito | Aulia Hafisa
Cek Fakta: Benarkah Mata Pengemudi Ditusuk Petugas di Pos PPKM Padang?
Benarkah Pengemudi Ditusuk Petugas di Pos PPKM Padang (Turnbackhoax.id)

Beredar informasi dari akun Facebook yang memperlihatkan seseorang pengendara ditusuk oleh petugas sampai buta di Pos PPKM Padang. Benarkah?

Suara.com - Beredar informasi dari akun Facebook Asman Asman berupa sebuah video yang memperlihatkan seseorang berdarah pada bagian kepala.

Pengendara tersebut diklaim ditusuk oleh petugas sampai buta di Pos PPKM Padang.

Unggahan ini disukai oleh 554 kali, dikomentari 597 kali, dan disebarkan kembali 1,1 ribu kali.

Berikut narasi yang beredar:

Baca Juga: Oknum Polisi Sekarat Diamuk Massa di Deli Serdang, Diduga Begal Modus Debt Collector

“Salam hormat lembaga Fakta hukum
Ni pidio dapat dari kawan gerup media,”

Lalu benarkah klaim tersebut?

Menurut penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com, orang pada video tersebut adalah Awaluddin Rao.

Melansir artikel kompas.tv, ia merupakan mantan legislator Tapanuli Tengah yang kemudian mendatangi kantor Polresta Padang, Sumatera Barat, pada 18 Juli 2021 pada pukul 17.30 WIB.

Di sana, ia meminta maaf atas videonya yang viral di media sosial. Ia menjelaskan bahwa klaim matanya yang ditusuk oleh petugas hingga buta sebenarnya luka yang terdapat pada bagian pelipis.

Baca Juga: Curhat Eks Bintang Porno Sora Aoi tentang Mobil Polisi di Indonesia, Bikin Syok!

AKP Lija Nesmon selaku Kapolres Lubuk Kilangan menjelaskan bahwa Rao hendak masuk ke Padang melalui pos penyekatan Lubuak Paraku pada 16 Juli 2021.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar