alexametrics

Wamendes Unggah Flyer 'Demokrat Biang Rusuh', Analis: Tak Elok

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Wamendes Unggah Flyer 'Demokrat Biang Rusuh', Analis: Tak Elok
Wakil Menteri Desa dan PDT Budi Arie Setiadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai, apa yang dilakukan Budi tersebut tidak elok sebagai seorang wakil menteri

Suara.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi membuat heboh karena mengunggah flyer digital yang berisikan tuduhan Partai Demokrat sebagai dalang di balik rencana rusuh saat demo.

Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah menilai, apa yang dilakukan Budi tersebut tidak elok sebagai seorang wakil menteri.

Menurut Trubus, bahwa meskipun Budi menjabat sebagai Ketua Umum Pro Jokowi (ProJo), tetapi semestinya ia bisa menempatkan diri kalau saat ini sudah menjadi milik rakyat. Sehingga Budi harus bisa netral dalam bersikap.

"Jadi menurut saya tidak elok. Meskipun diakui dia backgroundnya relawan, tapi sekarang ini sudah enggak pada tempatnya lagi karena sudah menjadi pejabat negara jadi menteri, dia sudah jadi milik bersama, harus bersikap netral tidak pada tempatnya untuk ini," kata Trubus saat dihubungi Suara.com, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Soal Flyer Biang Rusuh, Demokrat Wajar Marah karena Tuduhan Wamendes Serius

Trubus lantas menilai kalau lingkaran pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bebas dalam menjalankan politiknya. Karena itu akhirnya timbul pandangan kalau memang kabinet yang dipimpin Jokowi malah sibuk sendiri-sendiri di tengah pandemi Covid-19.

"Jadi mereka jalan sendiri-sendiri tidak fokuskan persoalan bagaiamna kita menghadapi pandemi Covid-19 ini, harusnya lebih fokus bagaimana menyelesaikan, bagaimana membantu solusi masyarakat lagi susah. Tapi mereka-mereka masih berpikir politis terus," paparnya.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi mengunggah sebuah flyer digital yang membuat Partai Demokrat geram. Flyer yang dimaksud menggambarkan Partai Demokrat menjadi dalang di balik rencana kerusuhan di tengah pandemi Covid-19.

Flyer itu diunggahnya melalui akun Facebook resminya bernama Budi Arie Setiadi pada Jumat (24/7/2021). Ia pun menganggap lucu pada flyer yang diunggahnya tersebut.

"Dapat flyer lucu nih," ujar Budi seperti dikutip Suara.com, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Wamendes Budi Arie Unggah Poster Demokrat Dicap Biang Rusuh: Dapat Flyer Lucu Nih

Flyer itu menganggung gambar serta pesan. Adapun pesan yang ditulis ialah 'pakai tangan adik-adik mahasiswa lagi untuk kepentingan syahwat berkuasanya'.

Komentar