alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh di Masjid Usai Salat Idul Adha, Benarkah?

Reza Gunadha | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh di Masjid Usai Salat Idul Adha, Benarkah?
Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh di Masjid Usai Salat Idul Adha, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Beredar sebuah informasi yang mengklaim terdapat pasangan yang melakukan hal tidak senonoh di masjid setelah shalat Iduladha. Benarkah?

Suara.com - Beredar sebuah artikel yang mengklaim bahwa terdapat pasangan yang melakukan hal tak senonoh di masjid setelah salat Iduladha.

Dalam artikel tersebut, dituliskan terjadi penangkapan pelaku pencurian kotak amal di Masjid Raya Kota Tebing Tinggi yang ditangkap di Jalan Bakti, Tebing Tinggi pada Mei lalu.

Berikut narasi yang beredar: 

Astaghfirullah, Terekam CCTV..habis shalat idul adha kemarin, Dua Sejoli Lakukan Hal Tak Senonoh Di Masjid, membuat warga setempat geger

Baca Juga: Viral VIdeo Pesta Diduga Dilakukan Polisi Saat PPKM, Humas Polda Jateng: Tidak Ada Hiburan

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com, hal tersebut salah. Faktanya, tidak ada sumber yang kredibel terkait pemberitaan dua sejoli terlihat berbuat hal tak senonoh di masjid setelah salat idul adha.

Kemudian, isi artikel tersebut merupakan copy-paste dari artikel berita yang dimuat pada laman Klikwarta.com, yang memberitakan pencurian kotak amal di Masjid Raya Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, yang telah diunggah sejak 25 Mei 2021.

Tak hanya itu, setelah ditelusuri melalui Yandex Image, thumbnail gambar artikel tersebut merupakan capture cuplikan dari video yang telah beredar sejak 2019 di platform YouTube dengan judul “aksi tak terpuji sepasang sejoli mencuri kotak amal di masjid”.

Selain itu, klaim pada judul artikel tersebut tidak relevan dengan isi artikelnya.

Baca Juga: Heboh Ada Benda Aneh Terbang di Langit Kota Bandung, Warganet: Corona Mudik

Diketahui Idul adha dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2021, sedangkan dalam artikel disebutkan bahwa peristiwa pencurian terjadi pada 21 Mei 2021.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar