alexametrics

Amalan Bulan Muharram yang Perlu Dilakukan Umat Muslim, Selain Puasa Asyura

Rifan Aditya
Amalan Bulan Muharram yang Perlu Dilakukan Umat Muslim, Selain Puasa Asyura
Amalan Bulan Muharram yang Perlu Dilakukan Umat Muslim, Selain Puasa Asyura - Ilustrasi wanita muslim berdoa, niat puasa, dzikir, wanita berjilbab (Elemen envato)

Salah satu amalan bulan Muharram adalah puasa Asyura. Namun selain puasa, ada amalan lain yang dapat dilakukan.

Suara.com - Muharram adalah bulan mulia yang memiliki sejumlah amalan-amalan utama, baik ibadah murni maupun ibadah sosial. Apa saja amalan bulan Muharram yang dapat dikerjakan umat Islam?

Salah satu amalan bulan Muharram adalah puasa Asyura. Namun selain puasa, ada amalan lain yang dapat dilakukan. Simak penjelasan beberapa amalan bulan Muharram berikut ini.

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah di mana dalam ajaran Islam, bulan ini diyakini memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, sejumlah amalan dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan ini.

Puasa Tasua dan Puasa Asyura

Baca Juga: 20 Peristiwa Penting di Hari Asyura 10 Muharram, Dikenang Umat Islam

Melansir NU Online, ada banyak amalan bulan Muharram yang bisa dilakukan oleh umat Muslim untuk meraih pahala. Beberapa di antara amalan tersebut adalah puasa Asyura dan puasa Tasu'a. 

Puasa Asyura 10 Muharram jatuh pada hari Kamis, 19 Agustus 2021. Sedangkan Puasa Tasu'a dilaksanakan sehari sebelumnya yaitu hari Rabu, 18 Agustus 2021.

12 Amalan Bulan Muharram

Selain, puasa Asyura dan Tasua, umat muslim juga dapat meluaskan belanja kepada keluarga, bersedekah hingga menyantuni anak yatim. Kegiatan itu termasuk amalan bulan Muharram. Apakah ada yang lainnya?

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA menjelaskan di dalam kitab I‘anatut Thalibin, yaitu salah satu kitab yang banyak digunakan dalam mazhab Asy-Syafi‘iyyah, pada jilid 2 hal 267, bahwa memang banyak amalan di bulan Muharram.

Baca Juga: Lupa Baca Niat Puasa Asyura, Apakah Tetap Sah?

Penulis kitab itu, Abu Bakar Al-Bakri (w. 1310 H)  mengutip nazham yang disusun anonim (tanpa nama pengarang) berkaitan dengan amalan di bulan Muharram itu yaitu:

Komentar