alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Presiden Vladimir Putin Mainkan Lagu Indonesia Raya dengan Piano?

Dany Garjito | Aulia Hafisa
CEK FAKTA: Benarkah Presiden Vladimir Putin Mainkan Lagu Indonesia Raya dengan Piano?
Benarkah Presiden Vladimir Putin Mainkan Lagu Indonesia Raya dengan Piano? (Turnbackhoax.id)

Beredar informasi bahwa Presiden Vladimir Putin memainkan Lagu Indonesia Raya dengan piano. Benarkah?

Suara.com - Akun Twitter @Bang Arman . (@lokabes1) mengunggah cuitan berupa video Presiden Rusia Vladimir Putin yang membawakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dengan piano untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76. Cuitan tersebut diunggahnya tanggal 15 Agustus 2021.

Berikut narasi yang beredar:

“RUSIA luarbiasa memandang Indonesia Sahabat Sejati. Presiden RUSIA Veladimir Putin Membawakan lagu Indonesia Raya dng Grand Pianonya utk menyambut Kemerdekaan RI ke 76…  ”

Benarkah Presiden Vladimir Putin Mainkan Lagu Indonesia Raya dengan Piano? (Turnbackhoax.id)
Benarkah Presiden Vladimir Putin Mainkan Lagu Indonesia Raya dengan Piano? (Turnbackhoax.id)

Lalu benarkah klaim tersebut?

Baca Juga: Viral Pemuda Nikahi Gurunya yang Beda Usia 25 Tahun, Dulu Cuma Iseng Ajak Selfie!

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com, video cuitan itu adalah video hasil suntingan.

Video asli Putin bermain piano diunggah oleh kanal YouTube Ruptly pada 14 Mei 2017. Diketahui Putin membawakan lagu ‘Moscow Windows’ dan ‘City over the Wide Neva’ saat menunggu untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Minggu 14 Mei 2017.

Informasi yang sama juga sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “Presiden Rusia (Putin) main piano lagu kebangsaan RI bentuk ucapan utk Jokowi..LUAR BIASA” yang terbit pada 21 Oktober 2019.

Kesimpulan

Dari berbagai fakta di atas, unggahan akun Twitter @Bang Arman . (@lokabes1) dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi.

Baca Juga: 7 Lagu Pop Bertema Kemerdekaan Penuh Semangat, Gelorakan Patriotisme

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar