alexametrics

Kemensos Gerakkan Karang Taruna untuk Bantu Masyarakat Miskin

Fabiola Febrinastri
Kemensos Gerakkan Karang Taruna untuk Bantu Masyarakat Miskin
Distribusi masker dan vitamin, Jakarta, Jumat (27/8/2021). (Dok: Kemensos)

Kemensos menyiapkan 1.270 paket bantuan untuk setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Suara.com - Kementerian Sosial (Kemensos) berupaya menggerakkan elemen sosial dalam membantu masyarakat, utamanya yang kurang beruntung dan miskin melalui pilar-pilar sosial, salah satunya karang taruna. Salah satunya dengan penyerahan bantuan sosial masker dan vitamin di wilayah Banten, usai acara peluncuran distribusi masker dan vitamin oleh Menteri Sosial (Mensos), RI Tri Rismaharini, di halaman Gedung Aneka Bhakti Kemensos, Jakarta, Jumat (27/8/2021).

"Saat ini waktunya karang taruna untuk bergerak membantu saudara-saudaranya di wilayahnya masing-masing, bagi masyarakat tidak mampu," jelas Risma, saat acara peluncuran bantuan sosial masker dan vitamin.

Tanpa jeda waktu lama, distribusi masker dan vitamin langsung secara simbolis diserahkan di wilayah Banten. Sekretaris Jenderal Kemensos, Hartono Laras, didampingi Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Salahuddin menyerahkan paket bantuan melalui anggota Komisi VIII DPR RI kepada Karang Taruna Provinsi Banten, di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Kemensos menyiapkan 1.270 paket bantuan untuk setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bantuan akan langsung didistribusikan kepada masyarakat yang rentan.

Baca Juga: Kemensos Berikan Perlindungan kepada 4 Juta Anak Yatim-Piatu

Untuk wilayah Banten, bantuan diserahkan kepada masyarakat melalui karang taruna, khususnya di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Kemensos juga bekerja sama dengan Komisi VIII DPR RI. Dalam penyerahan di UIN Sultan Maulana Hasanuddin, kegiatan diwakili oleh Ketua Tim Kunjungan Provinsi Banten, Yandri Susanto.

Selain menyerahkan bantuan sosial, anggota komisi VIII DPR RI sekaligus melakukan rapat untuk menyerap aspirasi dan informasi riil di lapangan, yang akan digunakan untuk meningkatkan kontribusi secara optimal dalam penyelenggaraan pendidikan dan kesejahteraan sosial masyarakat.

Dalam kesempatan ini pula, Kemensos memberikan lima laptop dari program pemberdayaan sosial bagi mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin yang kurang mampu.

Hadir dalam kegiatan Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Direktur Peringatan Dini BNPB, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten.

Baca Juga: Kasus Jatuhnya Lift di Mall Margo City, Kemensos Beri Layanan bagi 11 Korban

Komentar