alexametrics

Satu Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi Dari Tato

Erick Tanjung | Muhammad Yasir
Satu Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi Dari Tato
DVI Polri konfrensi pers soal hasil identifikasi jenazah korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (12/9/2021). [Suara.com/Yasir]

Salah satu korban yaitu Pujiyono alias Destro bin Mundori (28).

Suara.com - Tim Disaster Victim Identification atau DVI Polri berhasil mengidentifikasi tiga jenazah warga binaan korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang, Banten. Salah satunya, yakni Pujiyono alias Destro bin Mundori (28).

Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan atau Kapusdokkes Polri, Kombes Pol Pramujoko menyebut jenazah Pujiyono berhasil terindentifikasi berdasar pemeriksaan DNA dan data medis. Data medis itu merujuk pada gambar tato yang terletak di bagian punggung korban.

"Ada tanda yang sangat khas sekali, ini data ketika hidup. Kami dapat gambar dari Lapas, ini gambar tatonya ketika dia sudah meninggal," kata Pramujoko saat jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (12/9/2021).

Selain itu, Pramujoko menyebut data medis tersebut juga dikuatkan dengan pencocokan DNA jenazah dengan ayahnya. Berdasar hasil pencocokan DNA, jenazah tersebut identik dengan Pujiyono putra dari Mundori.

Baca Juga: Tambah Tiga, Total 10 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi

"Dari pemeriksaan 24 locus ini benar-benar bahwa separuh DNA pada jenazah itu sama persis dengan separuh DNA-nya Bapak Mundori," bebernya.

10 Korban Terindentifikasi

Hingga hari ini total ada 10 jenazah korban kebakaran Lapas Klas I Tangerang, Banten yang telah terindentifikasi. Data tersebut bertambah tiga dari jumlah sebelumnya.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan tersisa 31 jenazah yang belum teridentifikasi.

"Sampai hari ini 12 September 2021 Tim DVI telah berhasil mengindetifikasi 10 jenazah. Tinggal sisa 31 jenazah," kata Rusdi saat jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu siang.

Baca Juga: Telah Teridentifikasi, 7 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Diserahkan ke Keluarga

Rusdi menyebut ketiga jenzah yang teridentifikasi itu masing-masing bernama; Hadi Wijoyo bin Sri Tunjung Pamungkas (39), Pujiyono alias Destro bin Mundori (28), Rocky Purmanna bin Syafrizal Sani (28).

"Telah berhasil mengindetifikasi tiga korban pada hari ini. Dua melalui pencocokan DNA kemudian satu masih dapat diketahui melalui sidik jari," jelasnya.

Berikut daftar jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang yang berhasil teridentifikasi:

1. Rudhi alias Cangak bin Ong Eng Cue (43)
2. Dian Adi Priyana bin Kholil (44)
3. Kusnadi bin Rauf (44)
4. Bustanil Arifin bin Arwani (50)
5. Alfin bin Marsum (23)
6. Mat Idris bin Abdrismon (29)
7. Ferdian Perdana bin Sukriadi (28)
8. Hadi Wijoyo bin Sri Tunjung Pamungkas (39)
9. Pujiyono als Destro bin Mundori (28)
10. Rocky Purmanna bin Syafrizal Sani (28).

Komentar