alexametrics

10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerjanya

Dany Garjito
10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerjanya
10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerjanya. Ilustrasi Mahasiswa. (pixabay/Ihsan Aditya)

Berikut 10 jurusan kuliah dan gambaran peluang kerja di masa depan.

Suara.com - Ada banyak jurusan kuliah yang bisa ditempuh oleh para siswa setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun, banyaknya pilihan tersebut justru menyulitkan saat membuat keputusan. 

Banyak hal yang harus di pertimbangkan. Mulai dari minat hingga peluang karier setelah lulus kuliah. Semua itu perlu dipikirkan matang-matang demi masa depan yang lebih terencana. 

Tujuan utama kuliah memang untuk menambah ilmu dan wawasan. Namun, prospek kerja sesuai jurusan yang dipilih juga menjadi bahan pertimbangan. 

Bagi yang masih bimbang, berikut 10 jurusan kuliah dan gambaran peluang kerja di masa depan dirangkum dari berbagai sumber. 

Baca Juga: Rincian Lengkap Biaya Hidup di Selandia Baru, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

1. Teknologi Informasi

Saat ini teknologi informasi sedang berkembang dengan pesatnya. Bahkan telah merambah ke segala aspek kehidupan. 

Banyak lowongan pekerjaan yang tersedia, mulai dari IT support, IT developer, hingga software engineer. 

Hampir seluruh perusahaan yang membutuhkan ahli IT untuk mengembangkan usahanya. Itulah sebabnya,  gaji seorang ahli IT lulusan sarjana cukup besar. Terlebih bila mengantongi berbagai sertifikat kemampuan dalam bidang IT.

2. Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja CPNS 2021 Terbaru 2021

Peluang kerja di bidang pertambangan dan perminyakan selalu jadi incaran.  Tidak dipungkiri, bekerja pada bidang ini memang sangat menjanjikan.   

Setelah lulus, sarjana teknik pertambangan dan perminyakan bisa bekerja di perusahaan tambang, menjadi akademisi, dan maupun melamar di perusahaan  BUMN. 

3. Jurusan Ekonomi dan Bisnis

Ilustrasi bisnis waralaba. [shutterstock]
10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerjanya. Ilustrasi bisnis waralaba. [shutterstock]

Ilmu ekonomi dan bisnis masih menjadi favorit. Apalagi bidang keuangan yang cukup krusial di setiap perusahaan. 

Berbagai pilihan karier bisa ditempuh, antara lain akuntan, analis investasi, penasihat keuangan, manajer pajak, konsultan bisnis, wirausaha dan lainnya.

4. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan DKV mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Namun, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang menggiurkan. Terlebih industri digital sedang maju pesat.

Lulusan DKV bisa bekerja sebagai desainer grafis, animator, hingga desainer produk untuk berbagai industri. 

5. Jurusan Sastra

Jurusan sastra kerap dianggap sebagai jurusan yang minim peluang. Jarang posisi yang membutuhkan jurusan sastra di sebuah perusahaan. 

Namun, jurusan sastra memiliki banyak peluang di industri kreatif. Lulusan sastra bisa bekerja sebagai content writer, blogger, scrip writer, penerjemah (lulusan sastra asing), bahkan menjadi pengajar bahasa. 

6. Ilmu komunikasi 

Jurusan ilmu komunikasi juga memiliki peluang besar di industri kreatif. Apalagi jurusan tersebut cakupannya cukup luas meliputi public relation media kreatif kajian media hingga jurnalistik. 

Lulusan ilmu komunikasi bisa menjadi seorang jurnalis reporter, analisis komunikasi bahkan seorang dosen. 

7. Psikologi

Lulusan jurusan psikologi sangat dibutuhkan hampir di semua perusahaan. Bahkan kini banyak fasilitas kesehatan maupun fasilitas publik lainnya yang menyediakan layanan konsultasi dengan psikolog. 

Lulusan psikologi banyak ditempatkan di bagian HRD, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga menempati posisi lain. 

8. Ilmu Gizi 

Meski kerap diabaikan gizi adalah hal yang cukup krusial bagi manusia. Oleh karenanya, lulusan ilmu gizi diperlukan terutama di Industri pangan.  

Hampir seluruh fasilitas kesehatan juga menyediakan layanan konsultasi gizi bahkan wajib diikuti oleh ibu hamil. Para atlet juga sangat membutuhkan ahli gizi untuk mengawasi diet yang mereka jalani. 

9. Arsitektur 

Mendirikan sebuah gedung, rumah, maupun bangunan lainnya membutuhkan jasa seorang arsitek. Apalagi kini banyak orang yang dari nilai keindahan dari sebuah bangunan di samping fungsinya. 

Bahkan kini banyak orang yang menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah hunian. 

Untuk menjadi seorang arsitek tentu dibutuhkan jam terbang dan pengalaman untuk mengisi portofolio sehingga calon klien yakin untuk menggunakan jasanya. 

10. Ilmu kesehatan

Dokter, perawat, bidan, ahli farmasi, dan tenaga kesehatan lainnya menjadi sosok yang paling dibutuhkan terutama ketika pandemi seperti saat ini. 

Tidak hanya menjanjikan prospek yang yang cerah, bidang kesehatan merupakan sebuah pekerjaan yang mulia. 

Lulusan ilmu kesehatan bisa mendaftar negeri maupun swasta. Bahkan lowongan CPNS untuk tenaga kesehatan juga sangat melimpah. 

Demikianlah berbagai jurusan dengan gambaran peluang karir di masa depan. Apapun jurusannya semua tergantung kemampuan masing-masing individu. 

Selain jurusan kuliah, skill dan pengalaman juga sangat berpengaruh dalam karier di masa depan.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar