alexametrics

Puasa yang Dapat Menghapus Dosa Selama 700 Hari

Rifan Aditya
Puasa yang Dapat Menghapus Dosa Selama 700 Hari
Puasa yang dapat menghapus dosa selama 700 hari - Ilustrasi remaja muslim puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Tahukah kalian, ada puasa yang dapat menghapus dosa selama 700 hari?

Suara.com - Puasa merupakan amalan yang memiliki keutamaan dapat menghapus segala dosa yang pernah dilakukan sebelumnya. Tapi tahukah kalian, ada puasa yang dapat menghapus dosa selama 700 hari?

Pada dasarnya puasa merupakan ibadah yang dikerjakan oleh umat muslim dengan menahan untuk makan, minum dan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Syekh Ali Jaber menjelaskan melalui kanal YouTube pribadinya tentang puasa yang dapat menghapus dosa selama 700 hari atau selama lebih dari dua tahun.

Hal ini juga telah tercantum dalam sebuah hadist, “Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Puasa Arafah

Baca Juga: Waktu yang Tepat Berdoa di Hari Jumat, Insya Allah Dikabulkan, Jam Berapa?

Keutamaan puasa ini tentu memiliki amalan yang luar biasa sehingga tidak boleh untuk dilewatkan. Puasa yang dimaksud oleh Syekh Ali Jaber adalah puasa Arafah.

Puasa Arafah merupakan puasa yang dikerjakan pada hari Arafah atau hari ke-9 di bulan Zulhijah dalam kalender Hijriah. Di hari itu juga merupakan hari ke-2 ibadah haji yang dilaksanakan oleh umat muslim.

Puasa Arafah termasuk dalam amalan yang dicintai oleh Allah SWT sebagaimana dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW berikut ini.

"Tidak ada hari di mana amal kebaikan saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini. Rasulullah menghendaki 10 hari (awal Dzulhijjah). Lantas para sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, tidak juga jihad di jalan Allah?’ Rasulullah SAW menjawab: "Tidak juga jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun (mati syahid)." (HR. Al-Bukhari).

Hukum puasa arafah adalah sunnah muakkadah yang berarti amalan ibadah memiliki pahala luar biasa yang sangat dianjurkan untuk dilakukan terutama bagi umat muslim yang sedang tidak melaksanakan ibadah haji. Sedangkan bagi kaum muslimin yang sedang menunaikan ibadah haji, tidak ada keutamaan untuk puasa pada hari arafah.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Ungkap Waktu Paling Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat

Itulah informasi singkat mengenai puasa yang dapat menghapus amalan dosa selama 700 hari atau 2 tahun lamanya. Semoga dengan informasi berikut ini kita dapat meningkatkan keimanan dan amalan kepada Allah SWT. 

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Komentar