alexametrics

Sempat Dijadikan Tempat Isoman Pasien Covid-19, Ini Kata Warga di Dekat Rusun Pasar Rumput

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Sempat Dijadikan Tempat Isoman Pasien Covid-19, Ini Kata Warga di Dekat Rusun Pasar Rumput
Petugas berjalan di Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Senin (20/9/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

"Awalnya sempat khawatir."

Suara.com - Sejumlah warga di sekitar Rusun Pasar Rumput, Jakarta, sempat khawatir tertular virus Covid-19. Ini dikarenakan rusun tersebut sempat digunakan sebagai tempat isolasi mandiri (Isoman) pasien covid-19 sebelum diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kekinian pasien isoman di Rusun Pasar Rumput telah dipindahkan ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Sekretariat RW 04 Pasar Rumput Yudi mengatakan warganya sempat khawatir karena tempat isolasi mandiri tersebut berdekatan dengan wilayah pemukiman warga. Yakni tepatnya berada di belakang Rusun Pasar Rumput.

Meski sempat ada kekhawatiran, Yudi menuturkan warganya mendukung karena merupakan program pemerintah dalam penanganan covid-19.

Baca Juga: Kabar Biaya Pasien COVID-19 Tak Ditanggung Pemerintah Mulai 1 Oktober, Benarkah?

"Awalnya sempat khawatir, karena ini program pemerintah warga juga mendukung juga," ujar Yudi saat ditemui Suara.com di Sekretariat Pos RW 04, Senin (20/9/2021).

Yudi menuturkan saat Rusun Pasar Rumput jadi tempat isoman, para pedagang atau warga tetap beraktivitas seperti biasanya.

"Warga biasa aktivitas ke pasar. Tapi kan kalau ke pasar pengunjung atau warga nggak mungkin ke atas. Untuk lantai 2 dan 3 kan steril selama ditempatin yang isoman," ucap Yudi.

Adapun wilayahnya kata Yudi, sudah berada di zona hijau. Bahkan kata dia, saat ini tidak ada warganya yang terpapar covid-19.

Petugas membersihkan anak tangga di Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Senin (20/9/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas membersihkan anak tangga di Rumah Susun Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta, Senin (20/9/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

"Sekarang, kalau untuk warga RW 4 Kelurahan Pasar Manggis selalu nol terus," kata dia.

Baca Juga: Diresmikan Jokowi, Rusun Pasar Rumput Dilengkapi Kios Pasar

Junaidi, warga yang tinggal di belakang Pasar Rumput mengaku biasa saja ketika Rusun tersebut dijadikan tempat isoman. Menurutnya selama ini pasien isoman tidak keluar rusun.

"Mereka di sana kan sudah dijaga nggak mungkin keluar-keluar," kata Junaidi.

Junaidi menuturkan aktivitas di wilayahnya seperti biasa meski lokasinya berada di gedung tempat isoman.

"Kalau aktivitas warga sih kaya biasa saja. Jadi kita ya aktivitas seperti biasa saja keluar rumah, juga berbelanja ke Pasar Rumput," tuturnya.

Diresmikan Jokowi

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rusun Pasar Rumput pada Senin (20/9).

Jokowi menuturkan Rusun Pasar Rumput yang dilengkapi kios pasar, fasilitas umum dan fasilitas sosial telah rampung dan siap digunakan.

"Alhamdulillah rumah susun Pasar Rumput yang dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, dan fasilitas sosial, dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016, hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan," ujar Jokowi dalam peresmian.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan Rusun yang dibangun dengan biaya Rp 970 miliar menggunakan konsep Mixed used development.

Yakni Rusun tersebut tak hanya sebagai hunian, namun dibangun diatas pasar dengan ratusan kios dan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap.

"Menjadi istimewa karena dibangun dengan konsep mixed used development yaitu tidak hanya Rusun yang berfungsi sebagai hunian berupa 1.984 unit tipe 36 yang ada di lantai 4 sampai lantai 25. Tetapi juga rusun ini dibangun di atas pasar dengan ratusan kios pasar dan los di lantai 1 dan lantai 2, serta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang lengkap," ucap dia.

Komentar