alexametrics

Heboh Air Kolam Renang Mendidih Kena Lahar Panas, Ini Videonya

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Heboh Air Kolam Renang Mendidih Kena Lahar Panas, Ini Videonya
Air kolam renang mendidih kena lahar panas. (Twitter/@rtenews)

Sebuah celah baru muncul di lereng gunung berapi Cumbre Vieja dan menyemburkan lebih banyak lava.

Suara.com - Gunung berapi di Pulau La Palma, Spanyol terus memuntahkan lahar panas dan memaksa ribuan warga pergi meninggalkan kediaman mereka.

Menyadur RTE Rabu (22/9/2021), sebuah celah baru muncul di lereng gunung berapi Cumbre Vieja semalam dan menyemburkan lebih banyak lava.

"Aliran lava bergerak tak terhindarkan ke arah laut dan sama sekali tidak ada yang bisa dilakukan untuk itu," kata Angel Victor Torres, kepala regional Kepulauan Canary.

"Kami benar-benar tidak berdaya menghadapi aliran lava yang bergerak dengan kecepatan 200 meter per jam ini. Lava menyapu semua yang ada di jalurnya dan akan terus maju hingga ke laut."

Baca Juga: Viral Cewek Pamer Bikin Kolam Renang, Publik Melongo: Buka Gerbang Tenggelam

Ketika lava mencapai laut, para ahli memperingatkan akan bahaya gas beracun ke udara. Saat ini, pihak berwenang menyiapkan zona larangan untuk mencegah penonton yang penasaran.

Air kolam renang mendidih kena lahar panas. (Twitter/@rtenews)
Air kolam renang mendidih kena lahar panas. (Twitter/@rtenews)

"Awan yang tercipta dari interaksi air laut dan lava bersifat asam" dan "bisa berbahaya jika Anda terlalu dekat," kata pakar vulkanologi Patrick Allard dari Institut Fisika Paris Globe.

Sebuah video yang menunjukkan air kolam renang mendidih terkena lahar panas dibagikan secara berantai di media sosial.

Dalam rekaman singkat itu, tampak bagaimana lava 'melahap' rumah mewah dan mencapai kolam renang hingga membuat airnya mendidih.

Semalam, antrean panjang mobil terlihat menunggu untuk meninggalkan rumah saat sirene polisi meraung dengan cahaya berapi-api dari gunung berapi menerangi langit.

Baca Juga: Viral Tamu Menginap 1 Bulan di Vila, Kolam Renang Berubah Jadi Empang Gegara Ini

"Anda memiliki hampir seluruh hidup Anda di sana ... kemudian suatu hari gunung berapi memutuskan untuk meletus dan mengakhiri semuanya," kata pengungsi Israel Castro Hernandez kepada AFPTV.

"Kami terus melihat ke sana dan kami tidak bisa mempercayainya: kami terus berpikir bahwa rumah kami berada di bawah gunung berapi itu," kata istrinya, Yurena Torres Abreu.

Komentar