alexametrics

Profil Armin Laschet, Calon Kanselir Pemilu Jerman

Rifan Aditya
Profil Armin Laschet, Calon Kanselir Pemilu Jerman
Profil Armin Laschet Calon Kanselir dalam Pemilu Jerman (instagram/armin_laschet)

Profil Armin Laschet tengah menjadi sorotan. Pasalnya, secara tak terduga Armin Laschet menjadi salah satu calon kanselir Pemilu Jerman.

Suara.com - Profil Armin Laschet tengah menjadi sorotan. Pasalnya, secara tak terduga Armin Laschet menjadi salah satu calon kanselir Pemilu Jerman yang mulai digelar pada Minggu (26/9/2021).

Kandidat kanselir baru Jerman dari partainya Angela Merkel ini kampanyenya tidak berjalan secara lancar. Tetapi bukan berarti Armin Laschet tidak ada peluang untuk menang di pemilu Jerman.

Siapa Armin Laschet Sebenarnya? 

Armin Laschet dikenal sebagai orang yang ramah dan memiliki reputasi yang digambarkan oleh majalah Der Spiegel sebagai kemampuan "mengabaikan" lawan-lawannya, bahkan ketika popularitasnya sedang turun. Setelah terpilih sebagai kepala Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) pada Januari, Armin Laschet untuk beberapa waktu sempat difavoritkan memenangi pemilu Jerman, untuk menggantikan posisi Angela Merkel yang mundur.

Baca Juga: Opini: Warga Jerman Beri Partai-partai Kecil Kekuatan Lebih Besar

Namun, survei baru-baru ini menunjukkan bahwa aliansi konservatif CDU dan Christian Social Union (CSU), partai saudaranya di Bavaria, tertinggal di belakang Sosial Demokrat (SPD) dan berada di ambang hasil pemilu Jerman terburuk sejak Perang Dunia II.

Titik terendah Armin Laschet adalah pada bulan Juli ketika dirinya tertangkap kamera sedang tertawa saat memberikan penghormatan kepada para korban banjir di Rhine-Westphalia Utara. Dirinya adalah pemimpin regional wilayah itu.

Selain itu, Armin Laschet juga banyak dikritik karena tanggapannya yang ragu-ragu terhadap pandemi Covid-19 di wilayah itu. Bahkan surat kabar Sueddeutsche Zeitung menyebutkan bahwa Armin Laschet terkadang bertindak impulsif.

Bagaimana Peluang Armin Laschet Menang Pemilu Jerman 2021?

Jika Armin Laschet menang pemilu Jerman 2021, itu bukan pertama kalinya dirinya membalikkan prediksi. Armin Laschet sebelumnya tidak diperkirakan memenangi suara untuk menjadi pemimpin CDU, dan melanjutkan untuk mengamankan nominasi konservatif untuk menjadi kandidat kanselir Jerman. Setelah pertempuran berlarut-larut dengan Markus Soeder yang lebih populer dari CSU. 

Baca Juga: Hasil Liga Jerman: RB Leipzig Pesta Gol, Wolfsburg Telan Kekalahan Perdana

Dirinya juga secara tak terduga menang di pemilu Jerman regional 2017 yang di Rhine-Westphalia Utara, negara bagian terpadat di "Negeri Bir". Saat ditanya dalam wawancara TV baru-baru ini apakah dirinya pikir sering diremehkan, Armin Laschet lantas menjawab, "Banyak yang pasti salah perhitungan".

Komentar