facebook

Viral Ajakan Jadi Dosen Langka: Jika Mau Dihormati Wajib Pahami Mahasiswa Sebagai Manusia

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
Viral Ajakan Jadi Dosen Langka: Jika Mau Dihormati Wajib Pahami Mahasiswa Sebagai Manusia
Viral Ajakan Jadi Dosen Langka. (Instagram/@lets.talkandenjoy)

"Jika kita sebagai dosen ingin dihormati mahasiswa, maka mari kita hormati dulu mereka sebagai manusia," pesan Irwansyah Saputra.

Suara.com - Sebuah status yang membahas mengenai hubungan dosen dan mahasiswa menjadi viral. Status ini tampak menyentil sikap dosen ke mahasiswa yang kerap terjadi di lingkungan akademis Tanah Air.

Status tersebut ditulis oleh pengguna Facebook yang juga seorang dosen, Irwansyah Saputra. Opininya yang menjadi viral itu kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram @lets.talkandenjoy.

Akun ini tampak menyerukan ajakan agar dosen menghormati mahasiswa sebagai manusia. Pasalnya, selama ini banyak yang mengatakan dosen wajib dihormati. Namun, hal serupa tidak pernah terjadi kepada mahasiswa.

Kini, muncul seruan agar dosen juga ikut menghormati mahasiswa. Seruan ini berupa menjadi dosen langka yang berusaha memahami kondisi mahasiswanya.

Baca Juga: Kronologi Komplotan Begal Sasar Toko Martabak di Cilandak KKO, Pelaku ABG

"Dosen langka: Dosen yang berusaha memahami kondisi mahasiswanya. Banyak yang mengatakan 'dosen wajib dihormati' daripada mengatakan seperti itu, mending kita ganti menjadi 'dosen dan mahasiswa wajib saling menghormati'," tulis akun ini seperti dikutip Suara.com, Selasa (28/9/2021).

"Mudahnya, jika kita sebagai dosen ingin dihormati mahasiswa, maka mari kita hormati dulu mereka sebagai manusia. Saling menghormati aja intinya," lanjutnya.

Viral Ajakan Jadi Dosen Langka. (Instagram/@lets.talkandenjoy)
Viral Ajakan Jadi Dosen Langka. (Instagram/@lets.talkandenjoy)

Adapun status Irwansyah yang menjadi inspirasi seruan ini juga meminta dosen lebih berempati terhadap mahasiswa. Salah satunya tidak perlu marah jika ada mahasiswa yang mengirim pesan untuk konsultasi saat dini hari.

"Di-chat mahasiswa jam 1 pagi? Jam 2 pagi? Tak usah marah. Gak usah dibalas aja, nanti dibalasnya pagi atau siang. Nanti juga mereka sadar kalau chat jam segitu gak bakal dibalas," tulis Irwansyah.

Sebaliknya, Irwansyah justru menilai dosen sepatutnya bangga jika mahasiswa menghubungi saat dini hari. Menurutnya, itu tanda mahasiswa benar-benar serius mengerjakan tugas yang diberikan.

Baca Juga: Viral Pemuda Sambut Jamaah dan Rapihkan Sendal di Masjid Ternyata Anak Orang Kaya, Siapa?

"Lagi pula, seharusnya kita bangga sebagai dosen kalau ada mahasiswa kita ngerjain tugas dari kita sampai jam 2 pagi. Berarti kan dia serius banget itu," pesannya.

Irwansyah berkaca kepada pengalamannya. Dalam menghadapi mahasiswa, ia tidak pernah terpancing suasana hati dan berusaha memahami kondisi mahasiswanya.

"'Tapi kan harusnya tahu waktu'. Iya idealnya begitu, tapi kan ini sudah terjadi. So, yaudah. Gue tipikal yang gak mau berubah mood nya karena kelakuan orang lain. Jadi biar gak berubah mood, abaikan itu dan gak usah dipermasalahkan," ungkapnya.

Viral Ajakan Jadi Dosen Langka. (Instagram/@lets.talkandenjoy)
Viral Ajakan Jadi Dosen Langka. (Instagram/@lets.talkandenjoy)

Irwansyah juga berpesan kepada dosen untuk lebih berempati jika mahasiswa tidak menyelesaikan tugas. Pasalnya, kemampuan belajar setiap mahasiswa berbeda.

"Mahasiswa gak bisa ngerjain tugas sampai selesai? Ya gak papa, namanya juga orang belajar. Daya serapnya beda-beda. Dan maya kuliahnya bukan gue doang," kata Irwansyah.

"Yang penting ada usaha untuk mengerjakan dan bisa selesai nanti pada batas waktu yang sudah ditentukan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Irwansyah menegaskan opini itu bukan berarti memaklumi kemalasan mahasiswa. Sebaliknya, itu adalah bentuk memahami kondisi mahasiswa.

"Bukan memaklumi kemalasan, tapi memaklumi bagaimana jika kita berada di posisi mereka. Karena gue juga pernah ngalamin kayak mereka," ucapnya.

Pesan Irwansyah ini disampaikan setelah ia kerap menemukan kasus dosen tidak mau membalas pesan mahasiswa. Salah satunya karena hal konyol salah pengetikan saja.

"Tidak hanya sekali aku nemu kasus dosen yang tidak membalas chat mahasiswanya. Walau sudah di chat secara sopan dan baik, belum lagi kalau ada kesalahan dalam pengetikan, chat langsung tidak membalas," bebernya.

Menurutnya, tindakan tersebut tentu akan sangat merugikan mahasiswa. Karena itu, Irwansyah memberikan pesan kepada para dosen untuk saling menghargai dengan mahasiswa.

"Padahal ya namanya mahasiswa, kalau salah diajarkan mana cara yang benar. Maka, alih-alih mengatakan bahwa dosen wajib dihormati, kita ganti menjadi dosen dan mahasiswa wajib saling menghormati," pesan Irwansyah.

"Mudahnya, jika kita sebagai dosen ingin dihormati mahasiswa, maka mari kita hormati mereka dulu sebagai manusia," pungkasnya.

Video yang mungkin Anda lewatkan:

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar