facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Benarkah Mama Egawati Dirawat di RSPP dan Belajar Syahadat?

Reza Gunadha | Fita Nofiana
CEK FAKTA: Benarkah Mama Egawati Dirawat di RSPP dan Belajar Syahadat?
Benarkah Egawati dirawat di RSPP (turnbackhoax)

Benarkah video yang beredar adalah 'Mama Egawati' yang disebut sedang syahadat?

Suara.com - Beredar sebuah cuitan yang menunjukkan video seorang pasien  yang disebut yang sedang membaca kalimat syahadat. Ia melontarkan narasi bahwa dalam video tersebut adalah 'Mama Egawati'. 

Berikut narasi yang beredar: 

"Bener enggak ya, kalau ini videonya mama Egawati yang lagi dirawat di RSPP dan katanya lagi belajar syahadat dituntun oleh perawat???"

Cuitan dari akun Twitter Qírαní (@_Qirani__ayr4) tersebut sudah ditonton lebih dari 9 juta kali. Lalu, benarkah klaim tersebut?

Baca Juga: Viral Tutorial Pria Pakai Helm Ditonton 8 Juta Kali, Poni Badai Jadi Sorotan

Benarkah Egawati dirawat di RSPP (https://twitter.com/_Qirani__ayr4)
Benarkah Egawati dirawat di RSPP (https://twitter.com/_Qirani__ayr4)


Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id-- jaringan Media Suara.com, video tersebut bukanlah di RSPP. Vodeo direkam di Hospital Duchess of Kent (HDOK), Sabah Malaysia. 

Pasien dalam video tersebut adalah Nur Laila, perempuan berusia 66 tahun yang mengucapkan dua kalimat Syahadat untuk memeluk islam. Pada video yang diambil pada 9 September 2021 itu, Nur Laila didampingi oleh tiga perawat.

Nur Laila sendiri adalah pasien Covid-19 yang tengah menjalani perawatan. Sebelumnya ia memeluk agama Kristen. 

Benarkah Egawati dirawat di RSPP (turnbackhoax)
Benarkah Egawati dirawat di RSPP (turnbackhoax)


Menurut Firdaus Abdullah, putra dari Nur Laila menyatakan bahwa kondisi ibunya sudah membaik. 

“Alhamdulillah dengan bantuan tiga jururawat, ibu akhirnya memeluk Islam dan kami adik-beradik sangat gembira sehingga meniteskan air mata. Kami juga meminta keadaan itu dirakamkan. Kesihatan ibu semakin baik. Kami lihat ibu semakin ada tenaga dan boleh duduk,” jelas Firdaus.

Baca Juga: Viral Cara Membuat Kolam Ikan Melayang, Tonton Sampai Habis dan Kalau Bisa, Anda Jago

Kesimpulan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar