alexametrics

Ditemukan usai Kakak Curhat di Twitter, Awal Cerita Keluarga Tahu Keberadaan Yehezkiel

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Ditemukan usai Kakak Curhat di Twitter, Awal Cerita Keluarga Tahu Keberadaan Yehezkiel
Ditemukan usai Kakak Curhat di Twitter, Awal Cerita Keluarga Tahu Keberadaan Yehezkiel. Ilustrasi anak hilang (Unsplash/Lucas)

"Infonya sih katanya pernah ada ibunya mau jemput tapi tidak jadi gitu, jadi anak itu masih ada di Klender gitu."

Suara.com - Selama hampir lima tahun dinyatakan hilang, bocah bernama Yehezkiel Freddy Paulus Mekel rupanya berada di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, Klender, Jakarta Timur. Kemudian, dalam rentan waktu tiga bulan ke belakang, Yehezkiel baru dipindahkan ke Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jakarta Barat.

Saat masih berada di Klender, pihak keluarga disebutkan telah mengetahui keberadaan Yehezkiel. Bahkan, pihak keluarga juga disebut berencana menjemput Yehezkiel.

"Infonya sih katanya pernah ada ibunya mau jemput tapi tidak jadi gitu, jadi anak itu masih ada di Klender gitu," kata Kepala Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Sri Utami di Kantor Dinas Sosial DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (15/10/2021).

Hanya saja, Sri tidak mengetahui alasan mengapa saat itu pihak keluarga tidak jadi menjemput Yehezkiel. Atas hal tersebut, bocah berkebutuhan khusus itu hampir lima tahun berada di Klender.

Baca Juga: Bocah Laki-laki Ditemukan Setelah Lima Tahun Hilang, Ini Kata Pihak Panti Sosial

"Ada, sempet ada tapi katanya tidak jadi karena satu dan lain hal. Saya tidak tahu," sambungnya.

Tidak hanya itu, Sri menyebutkan jika Yehezkiel sudah dua kali hilang saat keluar dari rumah. Pertama, pihak keluarga berhasil menemukan anak itu, namun kehilangan pada saat kehilangan kedua, keluarga tidak menemukannya.

"Yang saya dapet info dua kali,"beber dia.

Senin Dijemput

Berkat kekuatan media sosial Twitter, seorang bocah 13 tahun itu, dalam waktu dekat, akan berjumpa dengan pihak keluarga. Rencananya, pada Senin (18/10/2021) mendatang, pihak keluarga akan menjemput anak itu ke Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jakarta Barat.

Baca Juga: Lapor ke Polisi Nihil, Anak Hilang 5 Tahun Bisa Ditemukan usai Keluarga Ngadu ke Netizen

Sri mengatakan, nantinya pihak keluarga harus membawa data seperti Kartu Keluarga untuk kegiatan pencocokan. Hal itu diperlukan guna menghindari kemungkinan terjadinya tindak pidana human trafficking

"Karena menghindari hal-hal seperti trafficing, kalau memang datanya pas, si anak juga mengenal kakanya, baru kami proses," kata Sri.

Plang nama Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jakarta Barat. (Suara.com/Arga)
Plang nama Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jakarta Barat. (Suara.com/Arga)

Pencocokan data, atau minimal sang anak mengenali pihak keluarga menjadi penting di sini. Pihak panti sosial khawatir, jika ada pihak tidak bertanggung jawab kemudian tidak mengurus anak dalam kategori tunagrahita, nantinya malah menimbulkan masalah baru.

"Kami kadang rawan trafficking, bukannya apa apa, kasihan kalau anak nanti dibawa tapi dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, tidak menyelesaikan masalah sosial malah menimbulkan masalah baru," jelas Sri.

3 Bulan di Panti Sosial 

Ternyata, Yehezkiel masuk Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih sejak 2 Agustus 2021 lalu. Sebelumnya, selama rentan waktu hampir lima tahun, dia berada di panti sosial yang berada di kawasan Klender, Jakarta Timur.

"Dia ini berada di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih sejak tanggal 2 Agustus 2021. Sebelumnya dia ada di Panti Klender," kata Sri.

Saat dipindahkan ke Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, kondisi Yehezkiel dalam keadaan sehat. Selama menjadi warga binaan panti, bocah itu juga mendapatkan pelayanan penuh.

Hanya saja, Yehezkiel masuk dalam kategori tunawicara. Jadi, ketika masuk, pihak panti tidak bisa bertanya mengenai nama bocah itu.

Akhirnya, pihak panti memberikan Yehezkiel nama dengan sebutan Taufik. Serupa dengan warga binaan lain, yang masuk dalam kategori tunagrahita, pihak panti kerap memberikan nama untuk keperluan kesehatan hingga pendataan.

"Karena mereka tidak tahu namanya, kami untuk pengurusan kesehatan, masukkan KK harus ada nama. Usia 13 tahun, kami berikan nama Taufik. Kami manggilnya Mamat," jelas Sri.

Berkat Twitter

Aurellia Nathania Mekel, kakak dari Yehezkiel, membuat sebuah utas ihwal berita kehilangan adiknya melalui akun Twitternya, @arllnath sejak 12 Oktober 2021 lalu. Usahanya membuahkan hasil, akun Twitter Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih membalas utas itu.

"Belum, baru di Twitter ini saja. Viralnya tanggal 12 Oktober 2021 kemudian di cek tim saya esoknya. Masih 24 jam lah," beber Sri.

Kemudian, lanjut Sri, Nathania langsung mengirim pesan ke akun Twitter Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih. Komunikasi lantas dijalin, pihak panti sosial pun tidak bisa serta merta memulangkan bocah tersebut karena harus tetap merujuk pada data yang valid.

Bocah laki-laki akhinya ditemukan setelah hilang hampir 5 tahun. Anak hilang ini ditemukan netizen. (Tangkapan layar/Twitter)
Bocah laki-laki akhinya ditemukan setelah hilang hampir 5 tahun. Anak hilang ini ditemukan netizen. (Tangkapan layar/Twitter)

"Dari komunikasi yang di jalin, kemungkinan ini adiknya, tapi kan kami tidak bisa main pulangkan begitu saja. Kami harus lihat datanya. Ketika memang benar keluarganya, kami harus mengecek keabsahan identitasnya," beber Sri.

Rencanaya, pihak keluarga baru akan mendatangi Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih pada Senin (18/10/2021) mendatang.

"Rencananya dari hasil japriannya itu Senin mau dateng ke panti," tutup dia.

Lima Tahun Hilang

Twitter menjadi semacam ruang terciptanya hal-hal tidak terduga. Terbaru, seorang anak laki-laki bernama Yehezkiel Freddy Paulus Mekel yang dilaporkan hilang selama lima tahun kini telah kembali ke pelukan keluarganya.

Informasi tersebut dibagikan oleh sang kakak dalam akun Twitternya, @arllnath. Sosok perempuan bernama Aurellia Nathania Mekel membagikan cerita jika sang adik sudah ditemukan.

"Halo, selamat siang. Pertama perkenalkan nama saya Aurellia Nathania Mekel kakak kandung dari Yehezkiel Freddy Paulus Mekel, anak yang telah hilang selama 5 tahun. saya di sini ingin memberitahu kalau adik saya sudah ditemukan dan sedang dalam proses untuk pulang," tulis akun @arllnath, Kamis (14/10) kemarin.

Dalam unggahan sebelumnya, sang kakak membagikan cerita soal kehilangan adiknya antara tahun 2015 sampai 2016. Disebutkan jika pihak kelurga telah mencari jejak anak tersebut hingga membikin laporan ke polisi -- dan hasilnya nihil.

"TWITTER PLEASE DO YOUR MAGIC!!! Di sini gua mau coba cari adik gua yang udah hilang beberapa tahun. terakhir ada dirumah itu sekitar tahun 2015/2016. kita udah coba cari kemana2, bahkan udah lapor polisi juga, tapi tetep g ada hasil nya. sebenarnya juga kita udah nyerah," kata akun @arllnath, dua hari lalu.

Sang kakak menyebut jika adiknya yang hilang itu adalah seorang tunawicara. Untuk itu, kepada setiap pihak yang pernah melihat anak tersebut, sang kakak meminta informasi tersebut.

"Tolong siapapun yang pernah liat dia atau tau keberadaan nya bisa dm gua :) sebelom nya makasih banyak. mungkin sekarang umur nya udah 13-14 tahun. mohon bantuan nya :(," sambungnya.

Bocah laki-laki akhinya ditemukan setelah hilang hampir 5 tahun. Anak hilang ini ditemukan netizen. (Tangkapan layar/Twitter)
Bocah laki-laki akhinya ditemukan setelah hilang hampir 5 tahun. Anak hilang ini ditemukan netizen. (Tangkapan layar/Twitter)

Sontak status tersebut direspons oleh banyak netizen. Hingga pada akhirnya, akun Twitter PSBG Belain Kasih @Binagrahita_DKI menuliskan sebuah komentar disertai unggahan foto bocah tersebut.

"Ada no contac yg bisa dihubungi?" Sebut akun tersebut.

Sontak akun @arllnath membalas,"Ini mirip, mirip adik ketiga ku jugaa, boleh ku dm?."

Terkait hal itu, banyak komentar mengalir atas peristiwa tersebut. Akun @mazzini_gsp misalnya.

"Lapor Polisi, lima tahun gak ketemu Lapor ke Twitter, 24 jam ketemu."

Komentar