alexametrics

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamannya

Rifan Aditya
Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamannya
Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamannya - Pelaksanaan shalat subuh di Masjidil Haram, Minggu (17/10/2021). (Instagram)

Berikut ini bacaan niat sholat qobliyah subuh. Sholat qobliyah subuh merupakan shalat sunah yang dikerjakan sebelum menunaikan ibadah shalat subuh

Suara.com - Berikut ini bacaan niat sholat qobliyah subuh. Sholat qobliyah subuh merupakan shalat sunah yang dikerjakan sebelum menunaikan ibadah shalat subuh. Hukum shalat qobliyah adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan).

Sholat qobliyah subuh memiliki banyak keutamaan. Mengenai keutamaannya tersebut, tertuang juga dalam hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Adapun bunyi haditsnya sebagai berikut: 

“Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya,”

Bagi umat muslim yang akan menunaikan ibadah sholat qobliyah subuh, maka harus membaca niat sholat qobliyah subuh terlebih dulu agat sholatnya menjadi sah.

Baca Juga: Catat! Berikut Doa Qunut Lengkap, Bacaan Latin dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh

Bagi yang ingin mengerjakan shalat qobliyah subuh, diwajibkan untuk membaca niatnya terlebih dahulu. Jika kamu mengerjakan shalat sunnah sebelum subuh, maka bacaan niatnya seperti berikut ini.

Ushalli Sunnatadh Dhuhri Rok’ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala.

Artinya: “Aku menyengaja shalat sunnah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah SWT.”

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

Baca Juga: Doa Qunut Latin Beserta Maknanya

Untuk mengerjakan sholat qobliyah subuh harus mengikuti tata caranya sesuai dengan seperti yang disyariatkan. Adapun tata cara sholat qobliyah subuh yaitu sebagai berikut:

Komentar