alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Bocah 13 Tahun Penyebab Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Bocah 13 Tahun Penyebab Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia, Benarkah?
CEK FAKTA Bocah 13 Tahun Penyebab Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi bocah 13 tahun asal China, Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram sampai down di seluruh dunia beberapa waktu lalu. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi bocah 13 tahun asal China, Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram sampai down di seluruh dunia beberapa waktu lalu.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook Mismaya Alkhaerat (fb.com/mismaya.alkhaerat) pada 6 Oktober 2021. Akun ini mengunggah sebuah gambar seorang anak laki-laki berkacamata yang diklaim sebagai peretas China, Sun Jisu.

Akun ini menjelaskan jika bocah peretas itu yang menjadi penyebab gangguan Facebook, WhatsApp, dan Instagram secara global pada awal Oktober lalu. Akibat gangguan itu, terjadi keruhian miliaran di seluruh dunia.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Facebook Buka Lowongan 10.000 Pekerja untuk Bangun Teknologi Metaverse

Anak kecil ini yang membuat kita Galau Kemarin …. Minion Divers Hurghada Peretas Cina yang mengganggu Facebook, WhatsApp, dan Instagram di seluruh dunia. Bocah 13 tahun, Sun Jisu, yang meretas tiga situs dan juga menyebabkan karyawan Facebook dilarang memasuki markas besar lembaga global setelah menonaktifkan portal elektronik dan menyebabkan kerugian ekonomi yang diperkirakan mencapai miliaran dolar di seluruh dunia…..

CEK FAKTA Bocah 13 Tahun Penyebab Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Bocah 13 Tahun Penyebab Facebook dan Instagram Down di Seluruh Dunia. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi bocah 13 tahun menjadi penyebab gangguan Facebook, WhatsApp, dan Instagram adalah tidak benar.

Faktanya, Facebook telah menjelaskan gangguan tersebut disebabkan oleh kesalahan internal, bukan aktivitas jahat peretasan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Komedian Sule Dikabarkan Meninggal Dunia akibat Kecelakaan, Benarkah?

Untuk diketahui, Facebook tumbang selama lebih dari enam jam pada tanggal 4 Oktober 2021 di seluruh dunia. Selain Facebook, gangguan juga melanda platform milik Mark Zuckerberg tersebut, yaitu Instagram dan WhatsApp.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar