facebook

Sukmawati Pindah Agama jadi Hindu Hebohkan Publik, Rocky Gerung: Artinya Jokowi Gagal

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
Sukmawati Pindah Agama jadi Hindu Hebohkan Publik, Rocky Gerung: Artinya Jokowi Gagal
Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Sudi Wadani (Instagram/Aryawedakarna)

Rocky Gerung menyoroti ketidakmampuan presiden memenuhi janjinya.

Suara.com - Pengamat Politik Rocky Gerung turut angkat bicara soal hebohnya pemberitaan tentang Sukmawati Soekranoputri yang beralih kepercayaan menjadi Hindu.

Melansir dari Hops.id -- jaringan Suara.com, Rocky Gerung menyebut hebohnya kabar Sukmawati pindah agama di kalangan masyarakat merupakan salah satu kegagalan Presiden Jokowi.

Kegagalan yang dimaksud oleh Rocky ialah kegagalan dalam hal membangun kesetaraan kewarganegaraan. Sebab, menurutnya, masyarakat masih ribut dengan persoalan agama dan keyakinan orang lain.

Agama adalah urusan privat

Baca Juga: Pertemuan Presiden Jokowi-Erdogan, Bahas Kunjungan Hingga Perjanjian Ekonomi

Rocky menyebut banyak orang meributkan Sukmawati yang berpindah agama dari Islam menjadi Hindu. Menurutnya, urusan agama masuk ranah privat sehingga orang lain tak berhak ikut campur.

"Sukmawati jadi hindu, semua orang ribut. Ada urusan apa, urusan privat dia. Artinya Presiden Jokowi gagal menghaasilkan the idea of citizenship," tegas Rocky Gerung dalam Indonesia Lawyers Club di Youtube, dikutip Sabtu 30 OKtober 2021.

Sebut Jokowi gagal

Rocky Gerung menyebut Presiden Jokowi gagal karena tidak bisa menghasilkan kesetaraan berargumen di dalam situasi hubungan kewarganegaraan.

"Artinya pemerintah gagal menghasilkan kesetaraan berargumen di dalam situasi citizenship! Yang ada citizenshit," ujar Rocky.

Baca Juga: Bertemu Jokowi DI KTT G20, Presiden Turki Erdogan Akan Kunjungi Indonesia Awal Tahun Depan

Rocky menyebut Presiden Jokowi dulu pernah berjanji akan menghasilkan hubungan antarwarga yang setara lewat konsep 'jalan lurus'-nya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar