facebook

Bacaan Latin Surat Al Maun dan Artinya

Rifan Aditya
Bacaan Latin Surat Al Maun dan Artinya
Surat Al Maun dan artinya - Ilustrasi alquran, doa, dzikir, islam, sholat, salat (Elemen Envato)

Mari simak berikut ini bacaan surat Al Maun dan artinya yang penting diketahui umat muslim.

Suara.com - Diketahui, Surat Al Maun ini adalah surat ke 107 dalam Alquran yang terdiri dari 7 ayat. Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini bacaan surat Al Maun dan artinya yang penting diketahui umat muslim.

Beberapa ulama mengatakan Surat Al Maun diturunkan di Makkah. Ulama lainnya mengatakan bahwa hanya tiga ayat pertama dari surah yang diturunkan di sana, sedangkan sisanya diturunkan di Madinah. Meskipun pendapat terakhir ini tampaknya paling mungkin, surah ini kohesif dan koheren karena memiliki satu tema utama, yaitu kemunafikan, ketidaktulusan, dan kepura-puraan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tharif Abu Thalhah, dari Ibnu Abbas R.A, Rasulullah SAW berkata bahwa Surat Al Maun ditujukan untuk orang munafik. Orang munafik yang dimaksud di sini yaitu mereka yang kerap pamer ibadah terhadap mukmin lainnya. Namun, saat tak di kelilingi orang mukmin, orang ini memilih untuk meninggalkan shalat tanpa alasan. Dalam Islam, hal ini disebut Riya.

Nah, Surah Al Maun ini diturunkan untuk memberi kita patokan yang dapat mengidentifikasi seorang Muslim sejati. Adapun bacaan surat Al Maun dan artinya yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Bacaan Surat Yusuf Ayat 4, Lengkap Dengan Arti dan Tafsirnya

Bacaan Latin Surat Al Maun dan Artinya

1. Ara-aital lazii yu kazzibu bid diin

Artinya: Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

2. Fa zaalikal lazi yadu'ul-yatiim

Artinya: Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,

Baca Juga: Amalan dan Doa Mustajab saat Hujan

3. Wa la ya huddu 'alaa ta'amil miskiin

Komentar