alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Beredar Video Demo Mahasiswa Halangi Ambulans, Benarkah?

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Beredar Video Demo Mahasiswa Halangi Ambulans, Benarkah?
Cek Fakta Ambulans tak bisa lewat terhalang demo mahasiswa (instagram)

Beredar sebuah video dengan narasi yang menyebut bahwa ada ambulans yang tak bisa lewat karena terhalang aksi demo mahasiswa di Madura. Benarkah demikian? Simak faktanya!

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah video dengan narasi  yang menyebut ada sebuah ambulans yang terhalang aksi demonstrasi sejumlah mahasiswa.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @andreli48, Rabu (3/11/2021) tampak sebuah anbulans terhenti di sebuah ruas jalan yang tampak ramai.

Tampak seorang wanita dan sopir ambulans turun dari mobil untuk meminta jalan pada para mahasiswa. Sopir ambulans juga tampak memberi penjelasan, diduga terkait kondisi pasien.

Disebutkan dalam unggahan tersebut bahwa para mahasiswa tak memberikan jalan pada ambulans yang diketahui sedang membawa pasien menuju IGD.

Baca Juga: Demo Mahasiswa di Madura, Ambulans Tak Diberi Jalan Terpaksa Putar Balik

Berikut narasi lengkapnya:

"Tingkah polah mahasiswa halangi ambulans pembawa pasien UGD," 

"Sebuah mobil ambulance yang akan menuju RSUD Sumenep dihalangi mahasiswa PMII yang melakukan aksi demonstrasi dan bakar ban di depan kantor Pemda Sumenep," 

"Meski sopir ambulans sudah berusaha memberikan pengertian kepada para mahasiswa, namun tetap tidak diberikan akses jalan dan ambulans terpaksa harus menempuh jalan memutar," 

Lantas benarkah narasi tersebut?

Baca Juga: Beredar Info Mahasiswa UGM Diduga Jadi Pelaku Kekerasan Seksual, Ini Sikap Kampus

Cek fakta ambulans terhalang aksi demo amahsiswa (instagram)
Cek Fakta Ambulans tak bisa lewat terhalang demo mahasiswa (instagram)

PENJELASAN:

Berdasarkan penelsuran suara.com, narasi yang menyebut bahwa ambulans tak bisa lewat karena dihalangi oleh aksi demo mahasiswa tidaklah benar.

Melansir dari video yang diunggah oleh akun Instagram @jurnalis junior, ternyata video yang sempat viral bukanlah video versi utuh.

Video itu terpotong sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Di bagian akhir video tersebut diperlihatkan sejumlah mahasiswa yang sedang menggelar aksi demo membubarkan diri dari jalan raya sehingga ambulans tersebut bisa lewat.

"Beredar video mobil ambulans terhalang oleh aksi demo di depan Kantor Pemda Sumenap dengan durasi yang di potong oleh orang tidak bertangung jawab dan viral di media sosial," tulis akun tersebut.

"Dalam video lanjutan saat ambulans lewat di jalan depan Kantor Pemda Sumenap sempat terhenti namun Mahasiswa MEMBERIKAN JALAN AMBULANs untuk melanjutkan perjalanan," lanjutnya.

KESIMPULAN:

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa video dengan narasi ambulans tak bisa lewat karena dihalangi oleh aksi demo mahasiswa tidaklah benar.

Konten tersebut termasuk ke dalam jenis konten yang menyesatkan.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar