alexametrics

Manfaat Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Terhindar Dari Godaan Setan

Dany Garjito
Manfaat Puasa Senin Kamis, Salah Satunya Terhindar Dari Godaan Setan
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

Berikut manfaat puasa Senin Kamis.

Suara.com - Senin adalah hari ketika Rasulullah SAW dilahirkan dan menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT. Puasa Ramadhan memang menjadi kewajiban umat muslim dalam menjalankan ibadah, akan tetapi hikmah dari puasa Senin Kamis bisa jadi penyempurna keimanan seseorang. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa", (HR. Tirmidzi). 

Banyak orang yang melaksanakan puasa Senin Kamis untuk memperoleh keberkahan Allah SWT. Namun selain untuk memperoleh keberkahan, manfaat puasa Senin Kamis ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. Masih belum mengetahui manfaat rinci dari puasa Senin Kamis? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

  1. Melembutkan Hati dan Meningkatkan Rasa Syukur
    Manfaat puasa Senin Kamis salah satunya adalah menimbulkan rasa empati terhadap orang lain bagi orang tersebut. Terutama bagi mereka yang sedang berada dalam kondisi minim keberuntungan dibandingkan kita. Dengan berpuasa Senin Kamis, maka kita akan lebih tahu cara mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.
  2. Bisa Menurunkan Hawa Nafsu
    Selain itu, manfaat puasa Senin Kamis adalah bisa membantu kita dalam mengontrol hawa nafsu. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits, ketika Rasulullah SAW memberikan saran kepada pemuda yang hendak menikah. Namun, mereka belum mempunyai kecukupan maka dari itu mereka dianjurkan untuk berpuasa oleh Rasulullah SAW. 
  3. Terhindari Dari Godaan Setan
    Manfaat berpuasa Senin Kamis untuk dunia yaitu akan menghindari kita dari godaan setan yang sesat. Dengan berpuasa Senin Kamis, maka hal ini merupakan cara ibadah terbaik untuk menghadang upaya setan mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia. 
  4. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan
    Selanjutnya, manfaat puasa Senin Kamis bagi pria dan wanita juga bisa membantu dan menjaga kesehatan organ pencernaan. Setiap hari sistem pencernaan termasuk salah satu organ yang sibuk dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan sangat dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan, perbaikan, dan juga pemeliharaan umum tubuh. Oleh karena itu, masuk akal untuk memberikannya istirahat selama satu sampai dua hari. Saat berpuasa Senin Kamis, maka pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan. Dengan begitu, fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya. Sistem pencernaan yang sehat tentu akan membuat kita jauh dari penyakit pencernaan seperti masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

Dalam Al-Quran, diketahui bahwa hari Senin dan Kamis merupakan hari di mana pintu-pintu surga dibuka. Sehingga kedua hari tersebut seluruh dosa-dosa yang telah dilakukan oleh umat muslim akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, kecuali bagi mereka yang sedang bermusuhan, perang, dan lain sebagainya. Itulah mengapa, puasa Senin Kamis perlu dilaksanakan oleh umat muslim. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga: Catat! Tanggal Penting Bulan November 2021, Baik Kalender Masehi Maupun Hijriyah

Komentar