alexametrics

Cara Pantau Banjir Jakarta di CCTV Jakarta Smart TV dan CCTV Molecool

Rifan Aditya
Cara Pantau Banjir Jakarta di CCTV Jakarta Smart TV dan CCTV Molecool
Cara Pantau Banjir Jakarta di CCTV Jakarta Smart TV dan CCTV Molecool - Banjir melanda permukiman di Cipinang Melayu, Jakarta, Senin (1/11/2021). [Antara/Yogi Rachman]

Jakarta yang langganan banjir perlu ada peringatan dini. Cara pantau banjir Jakarta secara online pun sangat diperlukan.

Suara.com - Musim hujan mulai melanda sejumlah daerah di Indonesia, artinya potensi banjir lebih besar. Apalagi untuk wilayah ibukota, Jakarta yang langganan banjir perlu ada peringatan dini. Cara pantau banjir Jakarta secara online pun sangat diperlukan.

Seiring berkembangnya teknologi, kemudahan cara pantau banjir Jakarta melalui akses CCTV milik Pemprov DKI dapat dilakukan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Smart City telah menyediakan akses informasi yang beragam untuk warga Jakarta.

Salah satunya, adalah informasi kondisi terkini dari berbagai tempat di Jakarta melalui kamera pengawas Closed Circuit Television (CCTV). Jadi, kita dapat dengan mudah mengakses CCTV di Jakarta untuk memantau banjit melalui situs website Jakarta Smart City dan aplikasi Molecool.

Lantas, bagaimana cara pantau banjir Jakarta yang dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat? 

Baca Juga: Peringatan Dini Hujan Deras dan Angin Kencang Melanda Jawa Timur, Senin 8 November 2021

Cara Pantau Banjir Jakarta Melalui CCTV Jakarta Smart City

Situs website smartcity.jakarta.go.id tidak hanya menampilkan data tertulis tentang berbagai hal terkait penggunaan dan perkembangan teknologi di Jakarta saja. Tetapi juga informasi visual, yaitu terdapat 7.755 titik lokasi di Ibu Kota yang telah terpantau melalui CCTV.

Dari keseluruhan jumlah tersebut, kita dapat mengakses 7.053 CCTV yang terhubung dengan portal Jakarta Smart City. Untuk memantau kondisi aliran air, khususnya di rumah pompa dan pintu air, Dinas Sumber Daya Air memiliki sebanyak 103 unit CCTV yang tersebar di beberapa titik yang merupakan lokasi rumah pompa dan pintu air.

Kita semua dapat mengakses CCTV Jakarta Smart City dengan cukup mudah. Caranya adalah dengan membuka website Jakarta Smart City, lalu memilih menu “Maps” yang terletak di bagian kanan atas.

Jika kita mengakses dengan browser, maka menu “Maps” terletak di simbol grid yang berada di bagian kiri atas halaman. Pilihan fitur tersebut juga bisa diakses secara langsung melalui tautan https://smartcity.jakarta.go.id/maps.

Baca Juga: Sekolah Diterjang Banjir, PTM di SMPN 3 Saguling Berubah Jadi Acara Bersih-bersih

Setelah halaman website yang menampilkan peta Jakarta muncul, kita bisa memilih menu “CCTV Online” untuk menampilkan pilihan CCTV berdasarkan pengelolanya. Klik kotak di sisi pilihan “Kamera Dinas Sumber Daya Air” untuk memunculkan simbol CCTV di peta, di mana setiap simbol mewakili CCTV yang terpasang di lokasi tersebut.

Komentar