facebook

Profil Ki Hajar Dewantara, Mengenang Jasa Bapak Pendidikan Indonesia

Rifan Aditya
Profil Ki Hajar Dewantara, Mengenang Jasa Bapak Pendidikan Indonesia
Profil Ki Hajar Dewantara, Mengenang Jasa Bapak Pendidikan Indonesia (Dok. Shutterstock)

Berikut ini profil Ki Hajar Dewantara, yang jasanya dapat kita kenang selama peringatan Hari Guru Nasional 2021.

Suara.com - Sosok Ki Hajar Dewantara tak asing lagi di telinga para masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kalian bagaimana profil Ki Hajar Dewantara selengkapnya?

Pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia ini memiliki segudang jasa untuk putra dan putri penerus bangsa. Bahkan ia menjadi salah satu orang yang berjasa dalam terbentuknya Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini profil Ki Hajar Dewantara, yang jasanya dapat kita kenang selama peringatan Hari Guru Nasional 2021.

Biodata Ki Hajar Dewantara

Baca Juga: Kumpulan Pantun Hari Guru Nasional untuk Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Ki Hajar Dewantara adalah cucu dari Sri Paku Alam III dan putra dari GPH Soerjaningrat. Ia lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889 dan diberi nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

Riwayat Pendidikan Ki Hajar Dewantara

Hidup menjadi bangsawan, Ki Hajar Dewantara bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS) atau sekolah rendah untuk anak-anak Eropa. Selanjutnya, ia meneruskan pendidikan di School tot Opleiding voor Inlandsche Artsen (STOVIA) atau Sekolah Dokter Jawa.

Sayangnya, karena kondisi kesehatannya yang tak baik, ia akhirnya tidak bisa menyelesaikan studinya tersebut. Berikut ini daftar sekolah formal Ki Hajar Dewantara:

  • Europeesche Lagere School (ELS) atau Sekolah Belanda III.
  • Kweek School (Sekolah Guru) di Yogyakarta.
  • School Tot Opleiding Van Indische Artsen (STOVIA)

Di kalangan keluarga dan masyarakat sekitar, ia dikenal sebagai sosok yang sederhana dan dekat dengan rakyat. Ia sangat menyukai belajar mengajar terutama budaya lokal sebagai cara untuk mencapai kesetaraan sosial-politik dalam masyarakat kolonial.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2021, Kirim ke Grup WA dan Status IG

Profesi di Dunia Jurnalistik

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar