alexametrics

Kabur dari Hotel Karantina Covid-19, Polisi Belanda Tangkap Suami Istri di Belanda

Reza Gunadha | Hikmawan Muhamad Firdaus
Kabur dari Hotel Karantina Covid-19, Polisi Belanda Tangkap Suami Istri di Belanda
Ilustrasi Bandara

Salah satu dari pasangan tersebut sedang menjalani karantina akibat positif Covid-19.

Suara.com - Kepolisian Belanda menangkap pasangan suami istri yang kabur dari hotel karantina, padahal salah satunya dinyatakan positif Covid-19.

Menyadur The Sun Senin (29/11/2021), pasangan tersebut ditangkap di dalam pesawat saat hendak lepas landas dari bandara Schiphol Amsterdam ke Spanyol.

Drama penangkapan tersebut terjadi setelah pihak berwenang Belanda mengatakan bahwa 61 orang, yang tiba menggunakan dua penerbangan di Bandara Schiphol Amsterdam pada hari Jumat (26/11/2021), dinyatakan positif Covid-19. Tiga belas di antaranya memiliki varian Omicron baru.

Salah satu dari pasangan tersebut dinyatakan positif Covid-19 dan diisolasi, sementara yang lain negatif tetapi tetap menjalani karantina.

Baca Juga: Perlukah Vaksin Covid-19 Baru untuk Varian Omicron? Ini Kata Ahli!

Juru bicara otoritas kesehatan masyarakat Stefanie van Waardenburg menambahkan bahwa keduanya kembali diisolasi, tetapi tidak di hotel yang sama.

Pasangan suami istri tersebut diketahui berasal dari Spanyol, berusia 30 tahun, dan Portugis berusia 28 tahu.

"Penangkapan terjadi di pesawat yang akan lepas landas. Mereka berada di pesawat yang akan berangkat ke Spanyol sekitar pukul 06.00 sore (waktu setempat)," jelas van Waardenburg.

Polisi perbatasan telah mengajukan tuntutan ke kantor kejaksaan Belanda terhadap pasangan itu karena membahayakan keselamatan publik, katanya.

Belum diketahui bagaimana pasangan itu bisa lolos meninggalkan hotel saat karantina atau bagaimana mereka akhirnya ditangkap.

Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19 Varian Baru, Pemprov DKI Perketat Pintu Masuk

Belanda mengumumkan protokol perjalanan baru yang lebih ketat ketika seluruh dunia bersiaga menghadapi varian Omicron, yang pertama kali muncul di Afrika selatan.

Menteri Kesehatan Belanda Hugo de Jonge mengatakan bahwa pihak berwenang akan memastikan bahwa orang-orang harus mematuhi aturan karantina.

Penumpang dari Afrika Selatan yang positif Covid-19 hampir semuanya berada di hotel karantina. Sedangkan yang dinyatakan negatif juga diperintahkan untuk karantina di rumah.

"Kami akan mengontrol apakah mereka mematuhi aturan itu," tegas de Jonge.

De Jonge mengungkapkan bahwa polisi dan penjaga keamanan juga akan ditugaskan untuk untuk berjaga-jaga di hotel karantina.

Komentar