alexametrics

Ayat Paling Agung di Surat Al Baqarah Menurut Penjelasan Yusuf Mansyur

Rifan Aditya
Ayat Paling Agung di Surat Al Baqarah Menurut Penjelasan Yusuf Mansyur
Ayat Paling Agung di Surat Al Baqarah Menurut Penjelasan Yusuf Mansyur - Ustadz Yusuf Mansyur. [suara.com/Madinah]

Inilah ayat yang paling agung di surat Al Baqarah menurut penjelasan Ust. Yusuf Mansyur melalui sebuah ceramahnya.

Suara.com - Salah satu surat yang istimewa dalam Alquran yaitu surat Al Baqarah. Melansir dari kanal YouTube Syekh Ali Jaber, Selasa (30/11/2021), Ust. Yusuf Mansyur menyampaikan tentang ayat yang paling agung di surat Al Baqarah.

Dalam ceramah yang diunggal di kanal YouTube Syekh Ali Jaber pada 19 Agustus 2016, Ust Yusuf Mansyur menyampaikan bahwa terdapat ayat yang paling agung di surat Al Baqarah.

Ayat Paling Agung di Surat Al Baqarah

Ust. Yusuf Mansyur menyampaikan, ayat paling agung di surat Al Baqarah yaitu ayat 225 atau dikenal sebagai Ayat Kursi. Adapun bacaan Ayat Kursi yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Sarah Menzel Senang Diperdengarkan Ayat Kursi, Azriel: Sepertinya Tertarik Agama Islam

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." 

Dalam ceramahnya tersebut, Ust. Yusuf Mansyur juga menyampaikab sebuah hadits yang bunyinya sebagai berikut:

Ibnu Abbas berkata, saat malaikat Jibril duduk disamping Nabi SAW, bahwa Nabi SAW mendengar suara seperti pintu dibuka, sehingga Nabi SAW mengangkat kepalanya. 

Jibril berkata: " Itu suara dari pintu langit dunia yang baru dibuka pada hari ini. Pintu itu belum pernah dibuka, kecuali hari ini. Dari pintu itu, Malaikat turun." 

Baca Juga: Ceramah Yusuf Mansyur: Rahasia Dibalik Ayat Kursi

Jibril kembali berkata: "Malaikat ini belum pernah turun ke bumi kecuali hari ini." 

Ia kemudian mengucapkan salam dan berkata: "berbahagialah dengan dua cahaya yang telah diberikan kepada engkau. Cahaya yang tidak pernah diberikan kepada Nabi sebelum kamu, yaitu surat Alfatihah dan ayat penutup surat Al Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu huruf pun dari kedua surat itu, melainkan engkau akan dianugerahkan apa yang kau minta dari permintaan dunia maupun akhirat."

Ust. Yusuf Mansyur kembali menambahkan, Surat Alfatihah dan beberapa ayat dalan surat Al Baqarah diwariskan Rasulullah SAW kepada kita sebagai wahyu dari Allah SWT.

Sebagai muslim, mari cintai dan rajinlah membaca surat Alfatihah dan surat Al Baqarah. Karena kedua surat ini begitu istimewa dan memberikan pahala melimpah bagi setiap muslim yang membacanya.

Itulah ayat yang paling agung di surat Al Baqarah menurut penjelasan Ust. Yusuf Mansyur melalui sebuah ceramahnya.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar