alexametrics

Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa, Polda Metro Jaya Harap Bisa Berikan Edukasi

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa, Polda Metro Jaya Harap Bisa Berikan Edukasi
Lomba orasi Polda Metro Jaya

Zulpan menerangkan kalau lomba orasi tersebut menjadi wujud Polri yang tidak mengekang seluruh elemen masyarakat untuk menyampaikan pendapat di muka umum

Suara.com - Bidang Humas Polda Metro Jaya menggelar lomba Orasi Unjuk Rasa di Lapangan Presisi Dit Lantas PMJ, Jakarta, Kamis (2/12/2021). Peserta yang berhasil memenangkan lomba tersebut bakal dikirim untuk bertanding di tingkat pusat yakni di Mabes Polri.

"Kegiatan ini rebutkan piala Kapolri dan dilaksanakan seluruh Indonesia nanti setiap Polda juara terbaik akan dikirim ke tingkat pusat Mabes Polri untuk dipertandingkan di tingkat pusat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, Kamis.

Zulpan menerangkan kalau lomba orasi tersebut menjadi wujud Polri yang tidak mengekang seluruh elemen masyarakat untuk menyampaikan pendapat di muka umum. Bukan hanya orasi yang sembarang berteriak, kata Zulpan melalui lomba itu juga diharapkan ada edukasi di mana terdapat etika dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

Ia tidak mau kalau orasi unjuk rasa malah tidak sesuai dengan niatan para pesertanya seperti yang terjadi saat kelompok Pemuda Pancasila berdemo di depan Gedung MPR/DPR beberapa hari lalu. Aksi unjuk rasa itu malah berakhir ricuh dan satu aparat kepolisian mengalami luka karena dianiaya oleh massa.

Baca Juga: Ngotot Reuni, Polda Metro ke Panitia dan Massa 212: Semua akan Kena Sanksi Pidana!

"Tanpa melalui dan indahkan norma-norma sampaikan pendapat itu sehingga kegiatan ini diharapkan bisa jadi edukasi," tuturnya.

Zulpan juga menyebut kalau lomba orasi unjuk rasa itu digelar dalam rangka mewujudkan hak asasi manusia (HAM).

Di sisi lain, ia menegaskan kalau Polri siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka menyampaikan pendapat.

"Maka kegiatan hari ini kita hadirkan semua perwakilan polres-polres yang ada di Polda Metro kepada adik-adik ini rata-rata mahasiswa mungkin mereka selama ini yang suka demo-demo maka kami wadahi di satu tempat."

Baca Juga: Daftar Lokasi SIM Keliling Hari Ini untuk Kawasan Jakarta

Komentar