alexametrics

Barakallah Artinya Semoga Allah Memberkati, Bagaimana Jawaban yang Tepat?

Rifan Aditya
Barakallah Artinya Semoga Allah Memberkati, Bagaimana Jawaban yang Tepat?
Barakallah Artinya Semoga Allah Memberkati, Bagaimana Jawaban yang Tepat? - Ilustrasi muslim di luar negeri [shutterstock]

Artikel ini Suara.com akan mengulas tentang barakallah artinya apa serta cara menjawab dan waktu yang tepat. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Suara.com - Mungkin kalian kerap mendengar orang mengucapkan barakallah kepadamu. Lalu kamu tidak tahu cara menjawab atau membalasnya. Nah, sebenarnya barakallah artinya apa? 

Artikel ini Suara.com akan mengulas tentang barakallah artinya apa serta cara menjawab dan waktu yang tepat. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Barakallah

Secara bahasa barakallah terdiri dari dua kata yakni “baaraka” yang berarti berkah, manfaat, serta kebaikan, dan kata “Allah” yang bermakna Allah Ta'ala. Sehingga dapat disimpulkan bahwa barakallah artinya adalah 'semoga Allah memberkahi'.

Baca Juga: Siapakah Pendusta Agama menurut Surat Al Maun?

Selain itu adapun beberapa orang yang mengucapkan barakallah dengan tambahan fiikum, dalam bahasa Arab fiikum berarti ‘kepadamu’. Maka jika digabung kalimat tersebut akan berbunyi ‘barakallah fiikum’ yang artinya ‘semoga Allah memberkahimu.

Sebenarnya, ucapan barakallahu fiikum diriwayatkan dari Imam An-Nasai'i. Berdasarkan riwayat itu, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam untuk mengucapkan barakallahu fiikum.

Anjuran rasulullah itu seperti yang tertuang dalam riwayat Aisyah RA sebagai berikut:

“Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, ‘Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)’. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda Aisyah RA jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, ‘Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?’ Pelayanannya menjawab, ‘Baarakallaah Fiikum (semoga Allah memberkahi kalian)’. Maka Aisyah pun mengatakan, ‘Wa Fiihim Baarakallaah (semoga Allah juga memberkahi mereka)’, kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).”

Jawaban Barakallah

Baca Juga: 3 Keutamaan Surat Ar Rahman Ayat 33 Lengkap dengan Bacaan Latinnya

Setelah mengetahui makna dibalik ucapan barakallah, kini kita akan membahas tentang jawaban bagi anda yang mendapati ucapan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ucapan barakallah artinya adalah doa yang diucapkan oleh seseorang dengan tujuan baik, maka sudah seharusnya kita membalasnya dengan doa baik pula.

Balasan ketika anda mendengar kalimat tersebut terucap dari mulut seseorang adalah dengan mengucapkan 'Amiin' atau 'Aamiin ya Rabbal Alamiin'. Selain itu ucapan lain sebagai jawaban barakallah, yakni "wafiika barakallah" yang artinya "dan semoga Allah juga memberkahimu".

Namun, jika yang mendoakan perempuan maka dijawab,'"wafiiki barakallah". Jika yang mendoakan banyak orang, maka jawaban barakallah adalah "wafiikum barakallah".

Waktu Mengucapkan Barakallah

Menyadur dalam berbagai sumber, berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk mengucapkan barakallah:

  1. Saat mengucapkan terima kasih.
  2. Bertemu dengan mualaf.
  3. Bertemu dengan orang berbahagia atas kesuksesannya.
  4. Bertemu orang yang sudah menikah.
  5. Bertemu orang yang baru melahirkan.
  6. Ucapan dan doa ulang tahun.

Demikian adalah ulasan tentang barakallah artinya apa lengkap dengan jawaban dan waktu penggunaannya. Semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan agama baru untuk anda sekalian.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Komentar