alexametrics

4 Sifat Wajib bagi Para Rasul yang Bisa Dijadikan Teladan

Rifan Aditya
4 Sifat Wajib bagi Para Rasul yang Bisa Dijadikan Teladan
4 Sifat Wajib bagi Para Rasul yang Bisa Dijadikan Teladan - Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)

Agar lebih jelas tentang sifat wajib bagi para rasul yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Suara.com - Rasul merupakan manusia pilihan Allah SWT yang diutus untuk memberikan petunjuk dan teladan bagi umat manusia melalui sifat-sifatnya. Setidaknya ada empat sifat wajib bagi para rasul yang dapat dijadikan tauladan yakni shidiq, amanah, tabligh, fathonah.

Agar kalian lebih jelas tentang sifat wajib bagi para rasul yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. As-Shidiq

As-Shidiq merupakan sifat wajib bagi rasul yang pertama yang artinya selalu benar dan jujur. Sebab, rasul tidak akan pernah berbohong dengan orang laun.

Baca Juga: 4 Sifat Nabi Muhammad yang Patut Diteladani

Sifat As-Shidiq ini salah satunya sangat melekat pada Nabi Muhammad SAW. Kejujurannya tak hanya dikenal di kalangan sahabat, bahkan diakui oleh musuh Nabi Muhammad SAW.

2. Al-Amanah

Sifat wajib para rasul yang kedua ialah Al-Amanah artiinya dapat dipercaya. Hal ini ditunjukkan dari setiap perkataan dan perbuataan rasul yang pastilah dapat dipercaya. Rasulullah tidak akan ikar terhadap perbuataan maupun perkaatan yang ia lakukan dan ucapkan.

3. At-Tabligh

Sifat wajib rasul ketiga yang dapat dijadikan teladan selanjutnya ialah At-Tabligh yang berarti menyampaikan. Rasul selalu menyampaikan wahyu dari Allah untuk semua umat muslim tak berhenti pada keluarga atau sahabatnya sendiri. Sebab menyampaikan wahyu dari Allah keapada umat manusia merupakan tugas untuk rasul yang wajib dilaksanakan.

Baca Juga: Teladani Sifat Nabi Nuh yang Luhur dan Riwayatnya

4.  Al-Fathonah

Al-Fathonah berarti memiliki kecerdasan. Ini adalah sifat wajib dan mutlak bagi rasul. Hal ini mengingat kecerdasan dibutuhkan untuk menyampaikan wahyu bagi umat manusia. Sebab, tugas yang harus dilaksanakan oleh rasul tidaklah mudah sehingga memerluka kecerdasan untuk melewati dan menyelesaikan berbagai rintangan juga masalah.  

Itulah beberapa sifat wajib bagi para rasul yang layak kita teladani sebagai seorang umat Islam.

Kontributor : Lolita Valda Claudia

Komentar